PENGOLAHAN TAMPILAN BANGUNAN STUDIO PENGEMBANGAN MOBILE GAME DI YOGYAKARTA BERDASARKAN TEORI METAFORA

Tamarindus Indica, Tri Joko Daryanto, Maya Andria Nirawati

Abstract


Komunikasi visual pada bangunan sangat penting dalam perancangan Studio Pengembangan Mobile Game karena berfungsi untuk memunculkan impresi awal bangunan secara visual. Penerapan komunikasi tersebut dilakukan dengan cara mengolah tampilan bangunan berdasarkan kepada prinsip dan sifat-sifat bangunan Studio Pengembangan Mobile Game. Tampilan bangunan Studio Pengembangan Mobile Game diupayakan semaksimal mungkin supaya dapat merepresentasikan sifat interaktif dan dinamis dari sebuah mobile game. Teori metafora dipilih untuk memecahkan permasalahan arsitektur dengan cara mengiaskan sifatsifat tersebut ke dalam bentuk massa dan ornamentasi bangunan. Permasalahan desain tampilan dapat diselesaikan dengan menggunakan teori metafora gabungan dari metafora abstrak dan metafora konkret. Jenis data yang dikumpulkan berupa data primer yang didapatkan dari tinjauan pustaka literatur terkait teori metafora, meliputi: definisi metafora, gambar-gambar berupa foto tampilan bangunan yang mengaplikasikan teori metafora, aktivitas user, dan kondisi tapak. Setelah data primer terkumpul, tahap selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dan menerapkan teori metafora ke dalam tampilan bangunan Studio Pengembangan Mobile Game di Yogyakarta. Penerapan teori metafora gabungan pada tampilan Studio Pengembangan Mobile Game di Yogyakarta menghasilkan tampilan sebagai berikut: sifat interaktif direpresentasikan dengan bentuk sepasang tangan yang menggenggam ornamen tampilan LED sebagai representasi dari layar LCD mobile device, sedangkan sifat dinamis direpresentasikan dengan bentuk massa yang bertingkat-tingkat dan tidak statis. Warna bangunan didominasi dengan warna putih dengan aksen hitam yang memberikan kesan sederhana. Bahan yang digunakan pada dinding bangunan adalah batu bata, sedangkan pada bagian balok dan kolom digunakan bahan beton karena bentuknya yang mudah direkayasa.


Full Text:

PDF

References


Antoniades, A. C. (1990). Poetics of Architecture: Theory of Design. Michigan: Van Nostrand Reinhold.

Baskoro, R. (2015). Rencana Pengembangan Permainan Interaktif Nasional 2015-2019 (1st ed.). Kuningan: Republik Solusi.

Detsaridis, D. (2015). GDC 2015: Do’s and Don’ts of Game Development Workplace Design. In Do’s and Don’ts of Game Development Workplace Design (p. 28). Game Development Conference 2015.

Kuntarto, H. B. (2016). Peta Industri Game Indonesia 2015 (1st ed.). Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika Kementrian Informasi dan Informatika.

Pemerintah Kota Yogyakarta. (2012). Rancangan RPJMD Tahun 2012-2016 Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Pemerintah Kota Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.