Pengaruh Sudut Dihedral Terhadap Gaya Lift Ekor Pesawat Terbang Tipe V Pada Angka Reynolds Rendah
Abstract
Abstract : Ekor pesawat terbang tipe V adalah hasil penggabungan bagian horisontal dan vertikal ekor dengan membentuk sudut dihedral. Tipe ini mempunyai bentuk dan kontrol lebih sederhana, tapi menghasilkan gaya angkat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur gaya lift aerofoil akibat pengaruh sudut dihedral. Aerofoil NACA 0012 dengan variasi sudut dihedral 450, 600, dan 750 diuji dalam terowongan angin pada berbagai sudut serang dan kecepatan aliran udara. Untuk mendapatkan unjuk gaya angkat dilakukan pengukuran dengan timbangan digital. Hasil penelitian menunjukkan, akibat interferensi pada sudut dihedral 450 koefisien gaya angkat maksimal adalah 0,45. Penurunan gaya angkat terjadi pada sudut serang 120-160
Keywords : sudut dihedral, aerofoil, low speed wind-tunnel
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Mekanika: Majalah Ilmiah Mekanika
ISSN: 1412-7962 || eISSN: 2579-3144
Address : Jl. Ir Sutami no 36 A, Building I, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Phone : +62271632163
email : mesin@ft.uns.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License