Pengaruh Variasi Tinggi Beban Terhadap Efisiensi Kompor Minyak Tanah Bersumbu

Sudarno .

Abstract


Abstract : Pengaturan tinggi beban yang kurang tepat merupakan salah satu penyebab rendahnya efisiensi pada kompor minyak tanah bersumbu. Agar diperoleh efisiensi optimal maka beban harus diletakkan pada posisi api dewasa. Berdasarkan data distribusi temperatur api kompor bahwa api dewasa terjadi pada jarak tertentu dari keluaran api, dengan demikian ingin diketahui optimalisasi dari pengaturan tinggi beban tersebut terhadap efisiensi pada kompor minyak tanah bersumbu.

Uji dilakukan dilaboratorium Pembakaran – Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan menggunakan kompor minyak tanah bersumbu. Pengujian efisiensi dilakukan menurut Provisional Internasional Standards Testing Woostove (VITA 1982) yaitu dengan metode air mendidih (boilling water method). Variasi perubahan ketinggian pada pengujian tersebut dilakukan dengan interval 5 mm, dimulai dari 15 mm hingga 50 mm untuk kompor sumbu 18 dan 30 mm hingga 55 mm untuk kompor sumbu 24.

Dari penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa untuk kompor sumbu 18 dan sumbu 24 tinggi beban optimal masing-masing 35 mm dan 45 mm.

Key words: Kompor minyak tanah bersumbu, tinggi beban, efisiensi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Mekanika: Majalah Ilmiah Mekanika

ISSN: 1412-7962 || eISSN: 2579-3144

Address :  Jl. Ir Sutami no 36 A, Building I, Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Phone    :  +62271632163 

email     : mesin@ft.uns.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License