PENGEMBANGAN SENTRA BERAS KENCUR KERATON MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK DENGAN KEMASAN MILENIAL DAN PROMOSI ON LINE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DI KAWASAN HERITAGE

Avi Marlina, Winny Astuti

Abstract


Home industri tradisional Beras Kencur Putri Solo terletak di Tamtaman Baluwarti Keraton Kasunanan Surakarta. Kegiatan Pengembangan Sentra Beras Kencur   Keraton Melalui Diversifikasi Produk Dengan Kemasan Milenial dan Promosi On-Line dalam upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Kawasan Heritage bertujuan untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh home industri tradisional beras kencur yaitu: (1) keterbatasan kemasan produk, (2) keterbatasan jangkauan dan jaringan untuk memasarkan produk, (3) keterbatasan pengetahuan teknik pemasaran on line, (4) keterbatasan pengetahuan ketrampilan untuk menampilkan gambar produk beras kencur secara online. Metode yang digunakan adalah kualitatif eksploratif digunakan untuk menemukan permasalahan sejumlah individu atau sekelompok orang dengan melibatkan para partisipan, menganalisis data, dan menerjemahkan kompleksitas suatu persoalan. Pemecahan masalah industri beras kencur melalui pelatihan dan pendampingan UKM home industri dalam menyiapkan properti untuk melakukan diversifikasi produk dan pelatihan pemasaran on line. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka kegiatan ini menghasilkan: (1) peningkatan jenis kemasan dengan menggunakan kemasan milenial, (2) peningkatan pengetahuan mitra pengusaha mikro tentang pemasaran produk beras kencur melalui website-on line shop-Tokopedia, Go-food, dan akun instagram; (3) peningkatan pengetahuan teknik pemasaran website-on line shop-Tokopedia, Go-food, dan akun instagram bagi mitra pengusaha mikro; (4) peningkatan pengetahuan keterampilan untuk menampilkan gambar produk beras kencur secara on line. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra pengusaha mikro dalam mengembangkan diversifikasi produk dengan kemasan milenial dan memasarkan produk beras kencur secara on line sehingga penghasilan masyarakat meningkat.


Full Text:

PDF

References


Budiharsono, S. (2015). Pengembangan Ekonomi Lokal dan Daerah untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah. Bogor.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan Mixed (Vol. 3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahma, H. (2012). Acuan Penerapan Pengembangan Ekonomi Lokal untuk Kota dan Kabupaten. Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.