PENERAPAN PRINSIP HI-TECH ARCHITECTURE PADA PUSAT PELATIHAN DAN PENELITIAN PERTANIAN URBAN VERTIKAL DI JAKARTA

Khairunnisa Fifthariski, Hari Yuliarso, Ana Hardiana

Abstract


Sektor pertanian Indonesia sedang mengalami beberapa permasalahan yang dapat mengganggu kelangsungan produksi pertanian. Permasalahan yang terjadi diantaranya peralihan fungsi lahan dari pertanian ke lahan perumahan dan industri, jumlah tenaga penyuluh yang tidak sesuai dengan norma indeks yang dibutuhkan dan minimnya pengetahuan masyarakat khususnya petani mengenai teknologi pertanian modern yang faktanya memiliki keuntungan yang jauh lebih banyak dari pertanian konvensional. Pembentukan kelompok tani yang diusulkan oleh pemerintah dalam perkembangannya tidak diikuti oleh peningkatan kualitas kelompok tani, sehingga banyak kelompok tani yang menjadi pasif dan mati. Dari permasalahan tersebut, perancangan Pusat Pelatihan dan Penelitian Pertanian Urban Vertikal di Jakarta memiliki tujuan untuk memberikan sebuah fasilitas pelatihan dan penelitian bagi masyarakat terutama kelompok tani urban untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada teknologi pertanian modern. Dalam perancangannya, dibutuhkan sebuah strategi desain yang dapat mendukung proses pembelajaran yang berlangsung dalam bangunan tinggi dengan menggunakan elemen bangunan berupa elemen utilitas dari sistem pertanian urban yang diajarkan. Oleh karena itu, prinsip desain Hi-Tech Architecture akan diterapkan pada perancangan bangunan. Metode perancangan yang digunakan yaitu penentuan gagasan awal, pengumpulan data, analisis data dan penyusunan konsep desain. Analsis yang dilakukan menghasilkan penerapan prinsip Hi-Tech Architecture pada bangunan yang dimunculkan dalam pengolahan peruangan, struktur, material dan utilitas bangunan.

Full Text:

PDF

References


Albright, L. (1990). Environtment Control for Animals and Plants. ASAE Textbook Number 4.

Bareja, B. (2010). Intensify Urban Farming, Grow Crops in the City. Retrieved from

http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/2246/2491

Boake, T. (2013). Diagrid Structures: Innovation and Detailing . School of Architecture, University of Waterloo, Canada.

Charnish, B., & McDonnell, T. (2008). The Bow: Unique Diagrid Structural System for a Sustainable Tall Building. CTBUH. 8th World Congress.

Davies, C. (1988). High Tech Architecture. London: Thames and Hudson.

Jencks, C. (1998). The Battle of High Tech, Great Building with Great Fault. Retrieved from

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/328/253


Refbacks

  • There are currently no refbacks.