PENERAPAN PRINSIP ARSITEKTUR HIJAU PADA TERMINAL BUS TIPE A DI KOTA SALATIGA

Robby Wibisono Permana Putra, Ahmad Farkhan, Dyah Susilowati Pradnya Paramitha

Abstract


Terminal bus tipe A merupakan sebuah prasarana transportasi yang melayani transportasi umum antar kota antar provinsi yang dipadukan dengan pelayanan antar kota dalam provinsi, angkutan perkotaan, dan angkutan pedesaan. Terminal bus merupakan sebuah bangunan yang identik dengan polusi udara dan penggunaan energi berlebih dalam operasionalnya. Dengan demikian, diperlukan pendekatan rancangan arsitektur yang dapat merespon lingkungan dan alam. Konsep yang dipilih pada perancangan terminal bus akan menggunakan pendekatan arsitektur hijau. Penerapan pendekatan arsitektur hijau bertujuan untuk mengubah citra terminal yang identik dengan polusi udara, penggunaan energi berlebih, dan meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan. Penelitian diawali dengan pengumpulan data melalui survei lokasi tapak objek rancang bangun, studi preseden terminal bus tipe A dan bangunan hemat energi, serta studi literatur dari berbagai sumber. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk menghasilkan konsep perancangan hemat energi yang mengacu pada teori arsitektur hijau dan standar terminal bus tipe A. Hasil analisis yang diperoleh dalam penerapan prinsip arsitektur hijau pada objek rancang bangun, sebagai usaha konservasi energi, dilakukan melalui penghijauan, memaksimalkan pencahayaan alami, memaksimalkan penghawaan alami, penggunaan teknologi untuk menghasilkan energi, dan pemanfaatan kembali air limbah.

Full Text:

PDF

References


Brenda, & Robert Vale., 1996. Green Architecture Design For A Sustainable Future. London: Thames & Hudson.

Dotedu., 2017. Arsitektur Berkelanjutan. Retrieved from dotedu.id: https://dotedu.id/konsep-arsitektur-berkelanjutan-sustainable/

Erwin. dkk., 2017. Penggunaan Panel Surya pada Bangunan Balai Rakyat di Jakarta Barat - Universitas Bina Nusantara.

Karyono, Tri Harso., 2010. Green Architecture Pengantar Pemahaman Arsitektur Hijau di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Republik Indonesia, M. P. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 132 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Sudarwani, M. Maria., 2012. Penerapan Green Architecture dan Green Building sebagai Upaya Pencapaian Sustainable Architecture – Universitas Padjajaran, 1-19.

Sugini., 2014. Kenyamanan Termal Bangunan Konsep dan Perancangan Desain. Yogyakarta: M.T. Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.