PENERAPAN PRINSIP ARSITEKTUR BERKELANJUTAN PADA PERENCANAAN KAMPUNG PANGAN LESTARI DI MOJOSONGO, KECAMATAN JEBRES, KOTA SURAKARTA

Muhammad Nashrullah Amin, Yosafat Winarto, Avi Marlina

Abstract


Jumlah populasi di kota yang meningkat menimbulkan kenaikan kebutuhan permukiman dan pangan. Namun, kebijakan pemerintah untuk mengatasi isu tersebut masih sebatas pembuatan rusun dan perumahan, serta konsep Rumah Pangan Lestari. Seiring dengan hal itu, terdapat agenda pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan kawasan permukiman dalam aspek lingkungan, ekonomi dan sosial. Berdasarkan kedua isu tersebut, muncul gagasan perencanaan Kampung Pangan Lestari dengan penerapan prinsip Arsitektur Berkelanjutan sebagai upaya memecahkan masalah kebutuhan ruang hunian dari segi kualitas ruang, energi, massa, material, utilitas, lingkungan dan kebutuhan keberagaman serta kualitas pangan.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prinsip Arsitektur Berkelanjutan sebagai strategi pendekatan dalam perencanaan Kampung Pangan Lestari Mojosongo, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Sembilan prinsip tersebut adalah ekologi perkotaan, strategi energi, pengelolaan air, pengelolaan limbah, material, komunitas lingkungan, strategi ekonomi, pelestarian budaya dan manajemen operasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan melakukan pengumpulan data berupa observasi mengenai kondisi tapak dan studi literatur Arsitektur Berkelanjutan. Artikel ini menyajikan hasil berupa konsep dari penerapan tiap prinsip. Prinsip ekologi perkotaan digunakan untuk memecahkan isu kebutuhan hunian dan pangan. Prinsip strategi energi digunakan untuk konsep perancangan pasif. Prinsip pengelolaan air digunakan untuk konsep utilitas air. Prinsip pengelolaan limbah digunakan untuk utilitas limbah. Prinsip material digunakan untuk pemilihan material. Prinsip komunitas lingkungan digunakan untuk konsep kegiatan. Prinsip strategi ekonomi digunakan untuk konsep kegiatan perekonomian. Prinsip pelestarian budaya digunakan untuk pembentukan identitas kawasan, dan prinsip manajemen operasional digunakan untuk menyusun kelembagaan kawasan.

Full Text:

PDF

References


Ardiani, Y Mila. 2015. Sustainable Arsitektur/Arsitektur Berkelanjutan. Jakarta: Erlangga.

Keeler, Marian & Bill Burke. 2009. Fundamentals of Integrated Design for Sustainable Building. New York: Wiley Publisher.

Pitts, Adrian. 2004. Planning and Design Strategies for Sustainability and Profit. Oxford: Elsevier, Architectural Press.

Prayoga, Iwan. 2013. Desain Berkelanjutan (Sustainable Design). E-Jurnal. Jurusan Arsitektur, Universitas Pandanaran.

Soerjani dkk.1987. Lingkungan: Sumber Daya Alam dan Kependudukan dalam Pembangunan. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Turner, John FC. 1972. Freedom to Build, Dweller. Control of the Housing Process, New York: The Macmillan Company.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.