SPACE SYNTAX SEBAGAI METODE PERANCANGAN RUANG PADA GALERI KREATIF DI KOTA SURAKARTA

Alma Halimah Sa'diyah, Rachmadi Nugroho, Ofita Purwani

Abstract


Sistem ekonomi kreatif yang saat ini sedang berkembang di Indonesia memiliki pengaruh terhadap peningkatan jumlah pekerja dalam bidang ekonomi kreatif khususnya Kota Surakarta yang telah dinobatkan sebagai Kota Kreatif. Kota Surakarta memiliki pelaku ekonomi kreatif sejumlah 34.697 orang serta memiliki 25 ruang kreatif dengan 7 ruang kreatif di antaranya memiliki galeri. Galeri yang memiliki fungsi sebagai ruang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menampilkan karya masih tergolong tidak seimbang dengan jumlah pelaku
ekonomi kreatif yang ada di Kota Surakarta. Hal ini berakibat pada masih minimnya tingkat apresiasi masyarakat terhadap karya yang dihasilkan oleh pelaku ekonomi kreatif. Oleh karena itu, untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya dapat dilakukan dengan peningkatan pemahaman kualitas ruang menggunakan metode space syntax. Space syntax merupakan suatu sistem analisis terhadap hubungan ruang dengan pengguna untuk mendapatkan suatu hasil konfigurasi ruang yang optimal. Terdapat dua alternatif konfigurasi ruang yang akan dianalisis menggunakan metode space syntax untuk mendapatkan satu konfigurasi ruang dengan nilai yang bermakna kualitas ruang bersifat optimal. Analisis menggunakan metode space syntax menghasilkan tiga nilai, yaitu konektivitas, integritas, dan intelligibility.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika. (2016). Pendapatan Produk Domestik Nasional. Jakarta: Badan Pusat Statistika.

Badan Pusat Statistika, & Badan Ekonomi Kreatif. (2016). Profil Usaha/Perusahaan 16 Subsektor Ekraf. Jakarta: BEKRAF.

Bariarcianur, F. (2018, Januari Jumat). Lima Fungsi Galeri dalam Kehidupan Sosial. Retrieved from artspace.id: https://artspace.id.

Csikszentmihalyi, M. (1997). Creativity Flow and the Psychology of Discovery and Invention. New York: HarperCollins.

Dursun, P. (2007). Space Syntax in Architectural Design. 6th International Space Syntax Symposium, (p.056). Istanbul.

Harris, C. M. (2006). Dictionary of architecture and contruction (fourth ed.). United States: The McGraw-Hill Companies.

Hillier, B. (n.d.). Space Syntax as a Theory as Well as a Method. London: Laboratory University College London.

Hillier, B., & Hanson, J. (1984). The Social Logic Space. New York: Cambridge University Press.

Katja, T. e. (2017). Inspiration Space: Towards a Theory of Creativity-supporting Learning Environments. Research Perspective on Creative Intersections (p. 19). HongKong: Design Management Academy Conferences.

Katja, T. e. (2018). Design Principles for Creative Spaces. Dessau: International Design Conference.

Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The Knowledge-Creating Company. New York: Oxford University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.