KONSEP CREATIVE COWORKING SPACE PADA PUSAT INKUBASI STARTUP DI YOGYAKARTA

Ria Erin Andriani, Musyawaroh Musyawaroh, Purwanto Setyo Nugroho

Abstract


Syarat menjadi sebuah negara maju salah satunya adalah jumlah pelaku entrepreneur harus lebih  dari 14% dari rasio penduduknya. Indonesia sampai dengan tahun 2019 baru memiliki 3,1% pelaku enterpreneur. Pemerintah Indonesia di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian dan Kemkominfo saat ini berupaya menginisiasi kegiatan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang bertujuan melahirkan  perusahaan startup baru yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Gerakan ini dilaksanakan di 10 kota di Indonesia, termasuk Kota Yogyakarta. Kegiatan ini perlu didukung dengan adanya pusat inkubasi startup yang berfungsi untuk menciptakan dan membina startup baru. Tujuan penelitian ini adalah menyusun konsep bangunan pusat Inkubasi yang didukung dengan penerapan konsep creative coworking space sebagai solusi desain sebagai wadah inkubasi yang mampu membuat penggunanya nyaman, inovatif, produktif, dan kreatif dalam bekerja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui penggalian ide awal dan pengumpulan data. Data tersebut kemudian dikumpulkan menjadi suatu pedoman dalam menganalisis perencanaan dan perancangan. Teori arsitektur perilaku digunakan sebagai dasar pertimbangan pada konsep creative coworking space, yakni teori setting perilaku, persepsi lingkungan, privacy, serta kognisi spasial. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan konsep creative coworking space dengan dasar pertimbangan teori arsitektur perilaku pada bangunan Pusat Inkubasi Startup di Yogyakarta pada aspek pembentuk ruang, zonasi ruang, serta tampilan bangunan.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2015. Jumlah Perguruan Tinggi, Mahasiswa, dan Tenaga Edukatif (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Didownload dari https://www.bps.go.id tanggal 11 April 2019.

Haryadi. 2010. Arsitektur, Lingkungan dan Perilaku. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Holahan. 1982. Environmental Psychology. New York: Random Hous.

Kementerian Perindustrian. 2019. Menko Polhukam : Syarat Negara Maju Pelaku Entrepreneur Harus 14 Persen Dari Rasio Penduduk. Kementrian Perindustrian, Jakarta. Didownload dari http://kemenperin.go.id tanggal 10 April 2019.

Kominfo. 2016. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital: Gotong Royong Wujudkan Solusi di Era Informasi. Kominfo, Jakarta. Didownload dari https://kominfo.go.id tanggal 11 April 2019.

Laurens, Joyce Marcella. 2004. Arsitektur dan Perilaku Manusia, Jakarta: Grasindo.

Lynch, Kevin. 1960. The Image of The City. Cambridge: MIT Press.

Rapoport, Amos. 1977. Human Aspects of Urban Form. New York: Pergamon Press.

Wirawan, S. 1995. Psikologi Lingkungan. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.