PENERAPAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR PADA DESAIN RUANG BACA PERPUSTAKAAN UMUM DI SURAKARTA
Abstract
Sedikitnya bangunan perpustakaan dan kurangnya fasilitas di dalamnya membuat minat baca di kalangan masyarakat menjadi sangat rendah. Hal ini juga karena bangunan perpustakaan terlihat membosankan dan monoton, tanpa adanya fasilitas yang mendukung. Untuk mengatas permasalahan tersebut perlu penanganan lebih, dalam merancang sebuah bangunan perpustakaan. Demi mewujudkan perpustakaan yang dapat menambah minat baca masyarakat sekaligus menjadi tempat berinteraksi soasial, maka diselesaikan dengan memperhatikan psikologi pengguna mulai dari kenyamanan fisik dan psikis. Penerapan psikologi Arsitektur pada perpustakaan umum ini memiliki tujuan untuk dapat menciptakan sebuah ruang dan bangunan yang dapat mewadahi masyarakat sesuai dengan perilaku dan kebutuhan tiap-tiap penggunanya yang sejalan dengan prinsip psikologi Arsitektur. Prinsip psikologi Arsitektur ini dapat berupa: bentuk bangunan yang sesuai, desain sesuai umur; karakter dan kebutuhan, personal space, zoning yang memperhatikan keprivasian; kesesakan dan kebisingan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif mengenai teori psikologi Arsitektur yang kemudian dianalisis sehingga menghasilkan prinsip psikologi Arsitektur yang akan diterapkan dalam bangunan seperti elemen interior/eksterior, warna, bukaan, dan bentuk. Penerapan prisnsip psikologi Arsitektur ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah bangunan perpustakaan yang dapat menarik masyarakat untuk meningkatkan minat baca baik bagi orang dewasa maupun anak-anak, sekaligus dapat berfungsi sebagai tempat berkumpulnya masyarakat untuk menghabiskan waktu luangnya ataupun untuk sekedar berinteraksi sosial.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, D., Mustaqimah, U., & Nirawati, Maya A. (2018). Pusat Rehabilitasi Narkoba Provinsi Jawa Tengah dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur di Semarang. SENTHONG, Vol. 1, No.1, Januari 2018, 18. Farizza, Gita B., Suparno, & Kumoro, A. (2019). Penerapan Psikologi Arsitektur pada Perancangan Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual di DKI Jakarta. SENTHONG, Vol. 2, No.1, Januari 2019, 285. Halim, Deddy Phd. (2005). Psikologi Arsitektur, Pengantar Kajian Lintas Disiplin. Jakarta: Grasindo. Holahan C.J. (1982). Environmental Psychology. New York: Random House. Sutarno, N.S. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto. Syah, Muhibin. (2001). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Weinstein, Carol Simon & Thomas, G. D. (1987). Space for Children: The Built Environmental and Child Development. Plenum Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.