PENERAPAN BIOPHILIC DESIGN PADA KAWASAN WISATA EDUKASI LINGKUNGAN HIDUP DI KABUPATEN WONOSOBO

Adhitya Chandra Muhamad, Titis Srimuda Pitana, Tri Joko Daryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Biophilic Design pada Kawasan Wisata Edukasi Lingkungan Hidup di Kabupaten Wonosobo. Kawasan Wisata Edukasi Lingkungan Hidup yang direncanakan berfungsi untuk mewadahi kegiatan pembelajaran informal mengenai pelestarian lingkungan hidup. Penerapan Biophilic Design mampu menjadi stimulan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Penerapan Biophilic Design didasari oleh tiga kriteria desain, yaitu Physiological and Psychological Comfort (Kenyamanan Fisik dan Psikologis), Multi-Sensory Stimuli (Stimulasi Berbagai Indera), dan Place Attachment (Keterikatan dengan Lingkungan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian terapan yang melalui beberapa tahapan, yaitu eksplorasi data, analisis data, dan sintesis data. Eksplorasi data didapatkan dari berbagai sumber yang terkait dengan obyek penelitian. Sumber data yang telah didapatkan kemudian diseleksi untuk ditarik sebuah kesimpulan melalui analisis dan sintesis data yang berpedoman pada Biophilic Design. Hasil penelitian ini adalah penerapan Biophilic Design dengan cara memanfaatkan pencahayaan dan penghawaan alami, menghadirkan elemen air, memaksimalkan jangkaun visual terhadap lingkungan sekitar, mengatur tata massa bangunan secara organik, menerapkan tampilan massa bangunan dengan bentuk morfologi alam, serta menggunakan material alami seperti kayu dan bebatuan.

Full Text:

PDF

References


Alif, Kholili (2018). Penerapan Biophilic Dalam Kontinuitas Interior-Eksterior Pada Rumah Sakit Di Kabupaten Bogor. Senthong, Vol. 1, No. 2, 2018, 348.

Browning dkk., W. (2014). 14 Pattern of Biophilic Design : Improving Health and Well Being in The Built Environment. Washington DC: Terrapin Bright Green.

Nurrachma, Imas Kartika. (2019). Pusat Pelayanan Lanjut Usia dengan Pendekatan Biophilic Di Kota Surakarta. Senthong, Vol. 2, No. 2, 2019, 579.

Ratih, N. (2013). Perancangan Wisata Edukasi Lingkungan Hidup di Batu dengan Penerapan Material Alami. Jurnal Mahasiswa Arsitektur Universitas Brawijaya.

RPJMD Wonosobo. (2016). Rencana Pembangunan Jarak Menengah Daerah Kabupaten Wonosobo Tahun 2016-2011. Wonosobo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.