KONSEP FLEKSIBILITAS SIX S PADA DESAIN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT DI YOGYAKARTA

Hasna Jamilah, Ofita Purwani, Leny Pramesti

Abstract


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat merupakan wadah pendidikan nonformal Selain kelompok belajar, lembaga pelatihan ataupun lembaga kursus dengan tujuan peningkatan kapasitas dan swadaya masyarakat itu sendiri dengan Konsep belajar sepanjang hayat (longlife learning). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Yogyakarta ini ditujukan dalam penyelesaian masalah pendidikan-sosial-ekonomi masyarakat marginal di Yogyakarta. Pentingnya dilakukan penelitian ini sebagai sebuah reaksi dari dunia arsitektur dalam menghadirkan sebuah solusi baru dalam dunia sosial. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah sosial, bagaimana fenomena sosial dunia pendidikan nonformal dilihat dari sisi lain dalam wadah arsitektur sebagai pemecahan permasalahannya. Pertanyaan utamanya terkait dengan bagaimana konsep fleksibilitas arsitektur sesuai konsep fleksibilitas six s dalam elemen desain diterapkan dalam Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ini. Metode penelitian berupa deskriptif kualitatif yang bersifat pragmatis, dengan menghadirkan eksplorasi-eksplorasi model pusat kegiatan belajar masyarakat yang dapat berfungsi optimal untuk masyarakat marjinal sebagai profil pengguna bangunan itu sendiri, maupun untuk konteks urban dalam cakupan luasnya. Hasil dari penelitian ini berupa penerapan Fleksibilitas Arsitektur Six S yang merupakan respon bangunan PKBM dalam mewadahi bermacam isu kebutuhan pengguna dan juga kegiatan yang diwadahi di PKBM

Full Text:

PDF

References


Charisa, Cindy., 2008. Tingkat Fleksibilitas Bangunan dalam menyesuaikan diri terhadap

perubahan guna Bangunan Fenomena berkembangnya Ruko sebagai bangunan yang fleksibel.

Jakarta: UI Press.

Ayuningtyas, Atika Mega., 2012. Perancangan Sekolah Anak Jalanan dengan Pendekatan

Fleksibilitas Arsitektur. Surabaya: ITS Press.

Kamil, Musofa., 2010. Meningkatkan Pendidikan Nonformal melalui PKBM. Bandung:

Penerbit Alfabeta.

Thomas, Susan Paul., 2013. Building Flexibility: The extend to which the concept needs to be

integrated into today’s design process. Inggris: Leeds Metropolitan university press

Jamilah, Hasna., 2019. Konsep Perencanaan dan Perancangan Pusat Kegiatan Belajar

Masyarakat di Yogyakarta. Surakarta: UNS Library.

Amin, Muhammad Nashrullah., 2019. Penerapan Prinsip Arsitektur Berkelanjutan pada

perencanaan kampung pangan lestari di Mojosongo, kecamatan Jebres, kota Surakarta. Surakarta:

jurnal Senthong.

Wardiana, Indra., 2019. Penerapan prinsip arsitektur berkelanjutan untuk mensejahterahkan

penghuni pada rumah susun pondok boro di Surakarta. Surakarta: jurnal Senthong.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.