KONSEP ARSITEKTUR EKOLOGI PADA PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PERTANIAN DI KABUPATEN WONOSOBO

Juliana Bekti Susilaning Budi, Sumaryoto Sumaryoto, Hardiyati Hardiyati

Abstract


Kabupaten Wonosobo memiliki potensi unggulan dalam sektor pertanian namun belum diwadahi Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian dengan alam sebagai media pembelajarannya. Lokasi tapak yang berada di daerah pertanian perlu dijaga kelestariannya agar terhindar dari eksploitasi dan kerusakan. Arsitektur Ekologi menjadi konsep yang sesuai karena menekankan timbal balik antara bangunan dengan alam sekitar tanpa merugikan satu sama lain. Tujuan penelitian yaitu merumuskan prinsip-prinsip Arsitektur Ekologi pada Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian di Kabupaten Wonosobo yang terdiri dari prinsip mampu merespon iklim lokal, tanggap terhadap kondisi tapak, penggunaan material yang meminimalisir energi, penggunaan teknologi secara manusiawi dan tepat guna, memelihara sumber lingkungan dan prinsip membentuk peredaran utuh dalam penyediaan dan pembuangan air. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian diawali dengan pengumpulan data lokasi dan studi literatur serta studi preseden tentang Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian dan Arsitektur Ekologi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk menghasilkan konsep perencanaan dan perancangan yang berpedoman pada teori Arsitektur Ekologi dan standar Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian. Hasil penelitian yaitu konsep perencanaan dan perancangan dengan prinsip Arsitektur Ekologi melalui pengolahan bentuk dan tata massa bangunan yang mempertahankan kontur, vegetasi eksisting, mendukung penghawaan dan pencahayaan alami, pemilihan material lokal yang perubahannya dapat dikembalikan ke alam, dan pengolahan air yang dapat dimanfaatkan kembali.

 

Kata kunci: sekolah menengah kejuruan pertanian, kabupaten wonosobo, arsitektur ekologi


Full Text:

PDF

References


Brenda, & Vale, R. (1991). Green Architecture : Design for Sustainable Future. London: Thames &

Hudson.

Firly, K., Setyaningsih, W., & Suparno. (2019). Penerapan Ekologi Arsitektur Pada Pengembangan Kawasan Desa Wisata Dukuh Kajongan Kota Tegal. SENTHONG, Vol. 2, No.1, Januari 2019, 22.

Frick, H., & Suskiyanto, F. B. (2007). Dasar-Dasar Arsitektur Ekologis Konsep Pembangunan Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan. Yogyakarta: Kanisius.

Riskiani, N., Suastika, M., & Pitana, T. S. (2019). Penerapan Material Ekologis Pada Desain Taman Rekreasi Pantai Di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. SENTHONG, Vol. 2, No. 1, Januari 2019, 183-192.

Wonosobo, P. D. (2015). Retrieved from Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonosobo:https://wonosobokab.bps.go.id/

Wonosobo, P. D. (2016). Retrieved from Badan Pusat Statistik Daerah Kabupaten Wonosobo: https://wonosobokab.bps.go.id

Wonosobo, P. D. (2017). Retrieved from Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonosobo: https://wonosobokab.bps.go.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.