KONSEP DESAIN ECO-TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT PADA TERMINAL TERPADU SENEN DI JAKARTA PUSAT

Ramzy Aprialzy, Amien Sumadyo, Yosafat Winarto

Abstract


Kawasan Senen merupakan kawasan padat yang berada di kotamadya Jakarta Pusat, minimnya ruang terbuka hijau di daerah ini membuat kecamatan Senen ini menjadi salah satu diantara beberapa kecamatan di DKI Jakarta yang memiliki RTH dibawah 30%. Efek yang ditimbulkan dari wilayah yang minim RTH adalah rawannya banjir sekaligus tidak adanya adanya area publik bagi masyarakat. Kecamatan Senen memiliki beberapa potensi berupa berdekatannya moda transportasi umum dalam radius dibawah 1 kilometer yang berada tak jauh dengan area publik. Dengan melihat potensi yang ada,  tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan konsep desain Eco-Transit Oriented Development pada perencanaan dan perancangan Terminal Terpadu Senen. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif-deskriptif yang berdasarkan data yaitu melalui tahap identifikasi masalah, menginput teori dan literasi serta pencarian preseden yang sesuai, selanjutnya analisis data, serta menghasilkan konsep perencanaan dan perancangan. Hasil dari penelitian ini berupa implementasi konsep Eco-Transit Oriented Development di Terminal Terpadu Senen berupa proyeksi aktivitas, zoning, peruangan, konsep desain bangunan, pemilihan vegetasi, serta utilitas bangunan.


Full Text:

PDF

References


Frick, Heinz & FX Bambang Suskiyanto. 1998. Dasar-dasar Eko-Arsitektur. Yogyakarta: Kanisius

Institute for Transportation Development Policy (2017) TOD Standard v3.0 New York: IDTP

Ogra, Aurobindo, Robert Ndebele, 2014. The Role of 6Ds: Density, Diversity, Design, Destination, Distance, and Demand Management in Transit Oriented Development (TOD), Paper, NeoInternational Conference on Habitable Environments (NICHE), LSAD (LPU) and IIA (Chandigarh-Punjab Chapter), 2014

Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 44 (2017) Tentang Pengembangan Kawasan Transit Oriented

Development. Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Peraturan Menteri ATR/BPN Mp. 16 (2017) Tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Berorientasi

Transit. Jakarta: Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia

Pare Eni, Sri. Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau Kota Jakarta. Jakarta. 2015.

Ragil Indira, Cyelva, Widi Suroto, Maya Andria Nirawati. 2019. Penerapan Prinsip Arsitektur Ekologis Pada Perencanaan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Di Kelurahan Johar Baru. Jurnal Senthong Volume 2 Nomor 2. Surakarta

Wirasmoyo, WIliarto, Desrina Ratriningsih, Muhammad Iqbal A.A. Rahman. 2019. Ruang Transit Bus Trans Jogja Berbasis Kesesuaian Dengan Standar Transit Oriented Development (TOD) Studi Kasus: Halte Bus Trans Jogja Malioboro 1 Dan Parkir Ngabean.

Nomor 1. Surakarta

Zulkifli. 2019. Kemenhub Pastikan Pembangunan MRT Fase II Selesai 2024. Sindonews, Rina Anggraeni (2019, Desember 5). https://ekbis.sindonews.com/read/1465567/34/kemenhub- pastikan-pembangunan-mrt-fase-ii-selesai-2024-1575523845.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.