PENERAPAN ARSITEKTUR EKOLOGI PADA RANCANG BANGUN WISATA EDUKASI DI TAMAN HUTAN GUNUNG BROMO KARANGANYAR

Aisyana Revi Archika Wibowo, Wiwik Setyaningsih, Purwanto Setyo Nugroho

Abstract


Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus atau selanjutnya akan ditulis dengan KHDTK Gunung Bromo UNS merupakan sebuah kawasan hutan pendidikan yang diberikan untuk Universitas Sebelas dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MLHK). Hutan Pendidikan tersebut nantinya akan dikelola UNS untuk dijadikan Kawasan Wisata Edukasi di Karanganyar. Lokasi tapak yang berada di area hutan perlu dijaga kelestarian habitatnya sehingga harus terhindar dari eksploitasi dan kerusakan alam. Dengan melihat kondisi dan potensi yang ada, tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan konsep desain arsitektur ekologi pada perencanaan dan perancangan Wisata Edukasi KHDTK Gunung Bromo UNS untuk mengurangi dampak kerusakan alam yang kemungkinan terjadi. Penyelesaian desain ini akan mengedepankan keselarasan antara tipologi objek arsitektur dengan lingkungan alam di sekitarnya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitaif yang berdasarkan data yaitu melalui tahap identifikasi masalah, menginput teori dan literasi serta pencarian preseden yang sesuai dilanjutkan dengan analisis data, serta menghasilkan konsep perencanaan dan perancangan dengan prinsip arsitektur ekologi. Hasil dari penelitian ini berupa implementasi konsep desain arsitektur ekologi di Wisata Edukasi KHDTK Gunung Bromo UNS yang memadukan unsur-unsur material alam di setiap tipologi bangunannya seperti bata, batu alam, kayu, dan beton. Hasil perencangan bangunan juga merupakan proyeksi dari aktivitas, zoning, pengolahan tapak, peruangan, konsep desain bangunan, pemilihan vegetasi, serta utilitas bangunan. 


Full Text:

PDF

References


Brenda & Robert Vale. 1991. Green Architecture Design for Sustainable Future. Thames & Hudson. London.

Frick Heinz, Tri Hesti Mulyani. 2006. Arsitektur Ekologis seri 2. Semarang. Kanisius: Yogyakarta

Surat Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret tentang Pendirian UPT. Pusat Pendidikan dan

Pelatihan Kehutanan Universitas Sebelas Maret (No. 864/UN.27/HK/2018)

Surat Penetapan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus untuk Hutan Pendidikan dan Pelatihan

Universitas Sebelas Maret (No. SK. 177/MENLHK/SETJEN/PLA.0/4/2018)

Suroso, R. (2004). Material dan Metode Edukasi dari Perspektif Sains Kognitif. Bandung: Bandung Fe

Institute.

Yeang, Ken (1995), Designing With Nature : The Ecological Basis for Architectural Design, McGraw-

Hill Inc., New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.