PUSAT PENDIDIKAN ANAK TUNAGRAHITA DI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU

Felia Puspita Dewi, Ahmad Farkhan, Tri Joko Daryanto

Abstract


Tunagrahita merupakan salah satu jenis ketunaan dengan prevalensi tinggi tetapi tidak didukung dengan jumlah fasilitas pendidikan dan rehabilitasi yang memadai. Oleh karena itu, diperlukan penambahan fasilitas pendidikan dan rehabilitasi yang mewadahi anak tunagrahita secara optimal sesuai dengan pola pikir dan perilaku pengguna agar tepat guna. Tujuan dari perancangan Pusat Pendidikan Anak Tunagrahita di Surakarta ini adalah mewujudkan wadah fisik sebagai tempat berbagai kegiatan, yaitu kegiatan pendidikan, kegiatan terapi, kegiatan rehabilitasi, dan kegiatan penunjang lainnya. Metode yang digunakan merupakan metode pemrograman arsitektur yang terdiri dari metode pengumpulan data, perencanaan, dan perancangan. Artikel ini menyajikan hasil pembahasan berupa penerapan konsep pendekatan arsitektur perilaku menurut Altman yang terdiri dari konsep fenomena perilaku, kelompok pemakai, dan setting. Konsep-konsep tersebut berhasil diterapkan pada pengolahan tapak, bentuk dan tampilan bangunan, dan peruangan.


Full Text:

PDF

References


Desiningrum, Dinie. Ratri. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Laurens, Joyce Marcella. (2004). Arsitektur dan perilaku manusia. Jakarta: PT. Grasiondo.

Permendiknas. (2008). Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB). Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional.

Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial. (2017). Kementrian sosial dalam angka pembangunan kesejahteraan sosial. Jakarta: Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial.

Sekolah.data.kemendikbud.go.id. (2019) Sekolah kita. Diakses pada 20 Maret 2020, dari http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/

Musyawaroh. (2019). Presentasi Pengenalan Arsitektur Perilaku, Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.