IMPLEMENTASI BIOPHILIC DESIGN PADA ASPEK PERANCANGAN ARSITEKTUR RUMAH SAKIT UMUM DI KECAMATAN JEBRES

Anggita Widyawati Putri, Ahmad Farkhan, Tri Joko Daryanto

Abstract


Pelaksanaan layanan kesehatan di rumah sakit sering kali mengedepankan penyembuhan dari segi fisik, namun mengesampingkan penyembuhan dari segi psikis. Penyembuhan dari segi fisik dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan ruang untuk pelayanan kesehatan pasien dan minimnya ruang untuk interaksi pasien dengan lingkungan alami. Pelaksanaan penyembuhan psikis dilakukan dengan memberikan mediator yang bersifat alami. Pola pada biophilic design menciptakan lingkungan binaan dalam meningkatkan proses penyembuhan dari segi psikis, berdasar dari rasa ketertarikan manusia terhadap lingkungan alami. Implementasi dari pola biophilic menjadi bagian dari proses perancangan dengan menciptakan lingkungan alami dalam maupun luar bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi desain alternatif untuk membentuk lingkungan penyembuh dengan mengoptimalisasi konsep desain arsitektural, sehingga pengguna rumah sakit dapat merespon kesehatan kognitif, psikososial, dan psikologikal. Metode yang digunakan berupa metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dalam proses kajian penerapan biophilic design. Hasil penelitian adalah konsep Biophilic Design yang ideal untuk diterapkan pada rancangan rumah sakit. Konsep menekankan pada tata tapak yang memberikan kesan luas dengan pengaturan peletakkan massa, pengolahan bentuk dan massa membentuk ruang untuk lingkungan alami sehingga memberikan kualitas pada ruang terapan, serta menggunakan material pada tampilan interior-eksterior dengan artifisial alami untuk meningkatkan respon positif.

Full Text:

PDF

References


Alif, Kholili (2018). Penerapan Biophilic Dalam Kontinuitas Interior-Eksterior Pada Rumah Sakit Di Kabupaten Bogor. Jurnal Senthong, Vol 1, No 2 (2018).

Barbiero, G. (2011). Biophilia and Gaia. Two hypothesis for an affective ecology. Journal of Bio-Urbanism, 1(January 2011), 11–27.

Dias, B. D. (2015). Beyond Sustainability – Biophilic and Regenerative Design in Architecture. European Scientific Journal, 7881(March), 1857–7881.

Kellert, S. R. (2018). Nature by design: The practice of biophilic design. Nature by Design: The Practice of Biophilic Design, 1–214.

Nurrachma, Imas Kartika (2019). Pusat Pelayanan Lanjut Usia Dengan Pendekatan Biophilic Di Kota Surakarta. Jurnal Senthong, Vol 2, No 2 (2019).

Salingaros, N. A. (2015). Biophilia and Healing Environments: Healthy Principles For Designing the Built World. New York: Terrapin Bright Green, LLC. www.TerrapinBrightGreen.com/publications


Refbacks

  • There are currently no refbacks.