PRINSIP INTEGRASI ANTARMODA PADA KAWASAN BERORIENTASI TRANSIT SOLOBALAPAN

Muhammad Ahda Sabila, Yosafat Winarto, Amin Sumadyo

Abstract


Kawasan Stasiun Solobalapan mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi pintu gerbang baru bagi akses berbagai moda angkutan umum massal yang melayani Kota Surakarta. Kawasan ini menjadi titik simpul pertemuan antarmoda, yakni: kereta api, Bandara Adisoemarmo, Terminal Tirtonadi, Batik Solo Trans, angkutan kota, serta layanan angkutan umum non-massal lainnya. Berbagai fenomena permasalahan eksisting kawasan dituntut penyelesaiannya dalam peracangan. Fenomena tersebut diantaranya kemacetan yang ditimbulkan dengan adanya pertemuan antarmoda. Kemacetan juga diperparah dengan adanya perlintasan sebidang kereta api dengan jalan raya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan konsep kawasan transit antarmoda yang terintegrasi melalui prinsip TOD (Transit Oriented Development) dan strategi desain berkelanjutan sebagai jawaban konsep desain dari pemasalahan yang diangkat. Penelitian menggunakan metode deskriptif-kualitatif yang meliputi perumusan identifikasi masalah, pengumpulan data, serta analisis dan sintesis yang hasilnya digunakan sebagai konsep desain penyelesaian permasalahan pada Kawasan Solobalapan. Hasil dari penelitian ini berupa konsep perancangan kawasan transit antarmoda terintegrasi sesuai prinsip TOD. Penerapan strategi desain berkelanjutan pada perancangan dipilih sebagai perhatian kelangsungan lingkungan hidup maupun lingkungan sosial-ekonomi masyarakat sekitar.


Full Text:

PDF

References


Aprialzy, Ramzy, Amin Sumadyo, dan Yosafat Winarto. 2020. Konsep Desain Eco-Transit Oriented Development pada Terminal Terpadu Senen di Jakarta Pusat. Jurnal Senthong. 3(2): 379.

Balachandran, B.R. et al. 2014. TOD Standard Terjemahan Indonesia. ITDP: Jakarta.

Calthorpe Associate. 1992. City of San Diego Land Guidance System - Transit Oriented Development Design Guidlines. The City of San Diego.

Hurley, Robert et al. 2016. Port Authority Of Allegheny County Transit-Oriented Development Guidelines. Port Authority.

Pemerintah Kota Surakarta. 2016. Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Surakarta Tahun 2016-2021. Surakarta: Pemerintah Kota Surakarta.

Rochman, Ishaq dan Desrina Ratriningsih. 2019. Penerapan Strategi Transit Oriented Development (TOD) pada Perancangan MICE di Kota Tasikmalaya Jawa Barat. Jurnal Senthong. 2(2): 701.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.