PENERAPAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL PADA COMMUNITY LEARNING CENTER UNTUK ANAK PUTUS SEKOLAH DI KAPUK, JAKARTA SELATAN

Rakaditya Dantrivani, Hardiyati Hardiyati, Sumaryoto Sumaryoto

Abstract


Menurut Pemerintah DKI Jakarta setidaknya terdapat 6762 anak yang berstatus sebagai Anak Putus Sekolah. Community Learning Center direncanakan sebagai sebuah gagasan untuk memperbaiki kualitas hidup Anak Putus Sekolah melalui pewadahan beberapa fungsi seperti Hunian Sementara, Pelatihan Keterampilan,
Penyediaan Literasi, Pelayanan Sosial, dan Penyediaan Pendidikan Non-Formal. Community Learning Center direncanakan untuk menerapkan pendekatan Arsitektur Kontekstual. Arsitektur Kontekstual dimaknai sebagai proses mendesain bangunan, yang mempertimbangkan kondisi eksisting tapak. Tujuan dari artikel ini adalah menjelaskan prinsip-prinsip Arsitektur Kontemporer kepada proyek Community Learning Center untuk Anak Putus Sekolah di Kapuk, Jakarta Barat agar tercipta fasilitas yang harmonis dengan lingkungannya, serta dapat mengangkat nilai lingkungan di sekitarnya. Metode yang digunakan terhadap Penerapan Arsitektur Kontemporer pada Community Learning Center ini adalah metode deskriptif-kualitatif, yang diolah melalui tahapan: identifikasi permasalahan, kajian teori dan literasi, analisis data, dan sintesis berupa konsep perancangan. Hasil yang didapatkan berupa konsep-konsep Arsitektur Kontekstual yang diterapkan dalam penataan peruangan mikro dan makro, serta dalam pembentukan tampilan bangunan yang berupaya untuk sesuai dengan kondisi lingkungan dan bangunan di sekitar tapak.


Full Text:

PDF

References


ACTED. The Way Forward For Nonformal Education In Cambodia: An Easy To Follow Guide For Establishing And Managing Successful Community Learning Centres. Cambodia.

Badan Pusat Statistik Jakarta Barat. 2018. Kecamatan Cengkareng dalam Angka 2018.

Badan Pusat Statistik DKI Jakarta. 2017. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah DKI

Jakarta 2017-2022.

- 2018. Provinsi DKI Jakarta dalam Angka 2018.

Brolin, B. C. (1980). Architecture in Context. New York: Van Nostrand Reinhold Company.

Rahayuningtyas, Novitasari; dkk. (2017). Penerapan Arsitektur Kontekstual Dalam Perancangan Kawasan Wisata Budaya Samin Di Blora. Jurnal. Universitas Sebelas Maret.

Jefri, Puspitasari, & Marlina. (2019). Arsitektur Kontekstual Pada Design Bangunan. Jurnal. Universitas Trisakti.

Sumber Website:

Jason Orme. 2017. What is Contextualism?. https://www.homebuilding.co.uk/ (diakses pada 4

Januari 2020)

Republika News. 2019. Partisipasi Pendidikan Naik Tapi Jutaan Anak Indonesia Masih Putus Sekolah.

https://internasional.republika.co.id/ (diakses 15 September 2019)

Rina Marlina. 2019. Kontekstual dalam Arsitektur. https://verdant.id/artikel/kontekstual-dalamarsitektur/

(diakses 4 Januari 2020)

www.designingbuilding.co.uk (2020). Contextualism.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.