PENERAPAN KONSEP RAMAH ANAK PADA TAMAN PINTAR DI SUKOHARJO

Ayu Sekar Nuswantari, Avi Marlina, Samsudi Samsudi

Abstract


Kabupaten Layak Anak (KLA) merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam mewujudkan pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak. Salah satu tolak ukur keberhasilan program tersebut dapat dilihat dari tersedianya fasilitas Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) yang memadai. Kondisi eksisting taman yang terdapat di Kabupaten Sukoharjo menunjukkan bahwa ketersediaan fasilitas, vegetasi dan aksesibilitasnya kurang aman, belum memenuhi standar kebersihan dan kesehatan. Kondisi tersebut tidak selaras dengan program pemerintah dalam mewujudkan KLA dengan menyediakan RBRA yang aman bagi anak sehingga diperlukan penelitian lebih mendalam mengenai penerapan konsep Ramah Anak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang taman yang dapat mewadahi kegiatan bermain dan belajar dengan kriteria RBRA yang yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Metode penelitian yang digunakan dengan diskriptif analisis dengan melakukan langkah observasi, tinjauan literatur, dan analisis. Hasil penelitian berupa ruang bermain ramah anak dalam bentuk taman pintar yang dapat mewadahi kegiatan anak dengan adanya playground dengan material yang aman bagi kesehatan, ruang terbuka hijau yang memperhatikan vegetasi, kemudahan, keamanan, dan keselamatan, serta ruang edukasi yang nyaman untuk anak.


Full Text:

PDF

References


ASHRAE. (1989). Handbook of Fundamental Chapter 8: Physiological Principles, Comfort, and Health. US.

Baskara, M. (2011). Prinsip Pengendalian Perancangan Taman Bermain Anak di Ruang Publik. Jurnal Lanskap Indonesia, 3, 1.

Catron dan Allen. (1999). Early Childhood Curriculum: A Creative Play Model (2 ed.).

Doelle, L. E. (1990). Akustik Lingkungan. Jakarta: Erlangga.

KPPPA, P. dan media. (2019). KEMEN PPPA: TERAPKAN 13 SYARAT RBRA, 4 TAMAN INI RAMAH ANAK. Diambil 27 Januari 2020, dari https://kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2354/kemen-pppa-terapkan-13-syaratrbra-4-taman-ini-ramah-anak

Mandagi, A. U. G. (2013). Perancangan Taman Edukasi Lingkungan untuk Anak-anak di Situ Cikaret, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Mirsa, R. (2012). Elemen Tata Ruang Kota. Yogyakarta: Graha.

Neufert, E. (1996). Data Arsitek (33 ed.; P. W. Indarto, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Satwiko. (2009). Pengertian Kenyamanan Dalam Suatu Bangunan. Yogyakarta: Wignjosoebroto.

Wiley, J. (1993). Architectural Programming: Information Management for Design. New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.