PAWON PADA RUMAH TINGGAL JAWA

Hardiyati Hardiyati, Anita Dianingrum

Abstract


Pawon   merupakan representasi dari tata kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa atau kehidupan yang lebih luas, baik dari tata letaknya, fungsinya, dan peran lainnya.  Pawon sendiri juga merupakan sebutan dari ruang dapur dan tungkunya pada rumah Jawa . Dapur atau pawon  jaman dulu tidak mengenal barang-barang modern, hanya bahan-bahan organik untuk menyalakan tungku seperti kayu bambu, serpihan - serpihan kayu, atau daun-daun kelapa /blarak. Dalam pawon terdapat  tungku/pawon  yang  tidak hanya menyalakan api  tetapi juga  menyalakan kehidupan. Sudah sangat sulit kita menemukan tungku untuk masak untuk kehidupan orang modern apalagi di perkotaan. Apakah tungku hanyalah tinggal sejarah ? Tujuan penelitian adalah untuk menemukan makna simbolik dan makna filosofis Pawon dalam sebuah rumah tinggal tradisional Jawa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif model penelitian lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam kehidupan tradisi dapur yang perhubungan dengan tungku adalah teritori utama kaum perempuan. Dapur akan selalu identik dengan kaum perempuan sehingga tungku memiliki peran penting dalam rumah tinggal dan kaum wanita. Pawon menjadikan  arsitektur apa adanya, dia mampu memberi Gagasan "kehadiran dalam arsitektur".  

 Kata kunci: pawon, rumah tinggal jawa, teritori


Full Text:

PDF

References


Dewi,Panca(2018), Perapian Sebagai Pembentuk Identitas Arsitektur Nusantara, Seminar IPLBI 2018

Dwiprabowo, Hariyanto, 2010, Kajian Kebijakan Kayu Bakar Sebagai Sumber Energi Di Pedesaan Pulau Jawa(Study of Policy on Firewood as Source of Energy in Rural Areas in Java, Jurnal Analisis Kebijakan KehutananVol. 7 No. 1, April 2010 : 1 – 11.

Fauzan, R. (2013). Perempuan dalam Bingkai Budaya. yogyakarta: Garudhawaca.

Santosa,2000, Omah Membaca Makna Rumah Jawa, Yayasan Bentang Budaya Yogyakarta.

Seriawan, Kodrat Eko Putro, 2017, Maguti Kajian Simbolisme Budaya Jawa, Eduvision.

Utaminingsih,Ulta, Lestari, 2020, Feminisasi Kemiskinan Dan Pemberdayaan Perempuan Perspektif Sosio Psikologis, UB Press Malang.

Uwin,Simon, 2003, Analysing Architecture ,Routledge London.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.