PENERAPAN GENIUS LOCI PADA PERANCANGAN PASAR SENI SEBAGAI RUANG PUBLIK KREATIF DI SURAKARTA

Radiva Nida Nabila, Titis Srimuda Pitana, Ummul Mustaqimah

Abstract


Ruang publik merupakan suatu ruang yang dapat didatangi oleh berbagai lapisan masyarakat dan
dapat merepresentasikan masyarakatnya. Namun, kondisi yang terjadi saat ini justru kontradiktif dengan
definisi dari ruang publik itu sendiri. Ruang-ruang publik tidak lagi merepresentasikan masyarakatnya
sehingga banyaknya ruang-ruang publik yang kehilangan identitas dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Identitas menjadi penting karena merupakan suatu aspek yang menjadikan ruang (space) menjadi suatu
tempat (place) dan menjadi suatu ciri pembeda antara suatu tempat dengan tempat lain. Identitas suatu
tempat dapat dikenali melalui genius locinya. Genius loci memahami bahwa setiap tempat memiliki jiwa (spirit
of place). Jiwa tersebut dapat terlihat, terasa, dan dapat dipahami melalui aspek spasial dan non-spasial
dengan objek man-made place dan natural place. Pada perencanaan dan perancangan Pasar Seni sebagai
Ruang Publik Kreatif di Surakarta, penerapan genius loci dilakukan pada tahap: pengumpulan data; analisis;
penentuan lokasi; pemilihan jenis ruang publik; penentuan kegiatan dan prasyarat rancangan; dan desain
dalam bentuk: tapak; bangunan utama; bangunan servis; kios; open space dan area kuliner; bangunan utilitas
dan parkir; serta street furniture dan vegetasi. Sedangkan metode yang digunakan terdiri dari empat tahap
yaitu: perumusan masalah, pengumpulan data, analisis-sintesis, dan desain.


Full Text:

PDF

References


Aliyah, I., Setioko, B., & Prado, W. (2015). EKSISTENSI PASAR TRADISIONAL DALAM KEARIFAN

BUDAYA JAWA (Obyek Studi: Pasar Gede Kota Surakarta). Menuju Arsitektur dan Ruang

Perkotaan yang Ber-kearifan Lokal, 93-109.

Asih, I. D. (2005). Fenomenologi Husserl: Sebuah cara “kembali ke fenomena”. Jurnal Keperawatan

Indonesia, 75-80.

Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik. (2018, Juli 31). Data Statistik dan Hasil Survei

Khusus Ekonomi Kreatif. Disadur dari bekraf: https://www.bekraf.go.id/pustaka/page/datastatistik-

dan-hasil-survei-khusus-ekonomi-kreatif

Bangsawan, M. I. (2017). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif di Kota Surakarta Melalui Instrumen

Hukum Perizinan Industri Kreatif. Prosiding Seminar Nasional 2017 (Kerjasama Pusat Studi

Perizinan UMS), (pp. 318-334).

Burden, A. (2014, April 7). Amanda Burden: How public spaces make cities work. Ted Talks.

Djono, Utomo, T. P., & Subiyantoro, S. (2012). Nilai Kearifan Lokal Rumah Tradisional Jawa.

Humaniora, 269-278.

Galus, B. S. (2015). Hermenautika Jawa da Kosmologi Jawa. Yogyakarta: Penerbit Beta.

G-News. (2020, Maret 8). G-News. Disadur dari Launching SAM (Solo Art Market) di Pedestarian

Omah Sinten Ngarsopuro Solo: https://www.g-news.id/2020/03/08/launching-sam-solo-artmarket-

di-pedestarian-omah-sinten-ngarsopuro-solo/

Jacobs, J. (1961). The Death and Life of Great American Cities. New York : Random House.

Norberg-Schulz, C. (1980). Genius loci: Towards a Phenomenology of Architecture. New York:: Rizzoli.

Ikatan Arsitek Indonesia. (2017). Lingkup Pekerja Arsitek. Disadur dari Undang Undang Arsitek no. 6

Tahun 2017 Pasal 1: from https://iai- jakarta.org/informasi/lingkup-pekerjaan-arsitek

Pamungkas, A. S. (2016, Januari 11). Produksi Ruang dan Revolusi Kaum Urban Menurut Henri

Lefebvre. Disadur dari Indo Progress: https://indoprogress.com/2016/01/produksi-ruang-danrevolusi-

kaum-urban-menurut-henri-lefebvre/

Rutherford, L. (2014, Mei 12). Why Public Places are the Key to Transforming our Communities.

Disadur dari Project For Public Spaces: https://www.pps.org/article/why-public-places-arethe-

key-to-transforming-our-communities

Thorsby, D. (2010). The Economics of Cultural Policy. New York: Cambridge University Press.

Walljasper, J. (2012). Public Space Make the World Go Roun. Disadur dari Sharable:

https://www.shareable.net/public-spaces-make-the-world-go-round/

Walljasper, J. (2012). Public Space Make the World Go Roun. Disadur dari Sharable:

https://www.shareable.net/public-spaces-make-the-world-go-round/

Kreatif Indonesia Tahun 2019. Disadur dari Bekraf: https://www.bekraf.go.id/berita/page/8/bekraftelah-

mengumumkan-10-kabupatenkota-kreatif-indonesia-tahun-2019

Kusumawijaya, Marko (30 Mei ,2009). Arsitektur Pasar, Dulu….. Disadur dari kotarumahkita:

https://mkusumawijaya.wordpress.com/2009/05/30/arsitektur-pasar-dulu%E2%80%A6/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.