STRATEGI RISET PASAR MELALUI DIGITAL MARKETING UNTUK MENDUKUNG PEMASARAN PRODUK UMKM MASYARAKAT MAGERSARI DI KAWASAN BALUWARTI SURAKARTA

Avi Marlina, Musyawaroh Musyawaroh, Untung Joko Cahyono

Abstract


Riset pasar menjadi permasalahan utama pada UKM, ketidaktahuan lingkup dan luas cangkupan pasar mengakibatkan UMKM tidak fokus dalam membidik pasar. Pemasaran secara konvensional, kurangnya modal dan rendahnya penguasaan digital berakibat pada rendahnya income dan cashflow UMKM. Dibutuhkan terobosan baru dibidang digital managemen dan digital marketing, operasional produksi dengan segala dinamika usaha secara online yang ditangani sendiri. Permasalahan yang dikemukakan dalam Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah: (1) mengenalkan sarana riset pasar kepada UMKM untuk mengetahui besar dan  luas cangkupannya; (2) keterbatasan operasional produk. Kegiatan ini menggunakan model digital marketing dengan metode GoogleTrends dan Google Bisnisku. Hasil kegiatan dari Google Trends dapat ditampilkan profil UMKM binaan secara lebih detail, terinformasikan kota asal UMKM, area wilayahnya dan informasi terkait topik yang sedang tren. Hasil kegiatan dari Google bisnisku yaitu dengan ditampilkannya profil bisnis UMKM binaan sehingga mudah dijangkau pelanggan di  Google Penelusuran dan Google Maps.


Full Text:

PDF

References


Coghlan, D. & Brannick, T., 2005. Doing Action Research In Your Own Organization, Second edition, SAGE Publications, London.D

Direktorat Inovasi & Inkubator Bisnis, 2016. Pengantar Riset Pemasaran, Universitas Indonesia, diakses dari http://diib.ui.ac.id.

FEB, 2020, Riset Pasar: Memahami Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contoh Riset Pasar , artikel, Univ. Bung Hatta, diakses dari https://www.ekonomi.bunghatta.ac.id/index.php/id/artikel/439-riset-pasar-memahami-pengertian-tujuan-jenis-dan-contoh-riset-pasar.

Hamidah, A. & Humairoh, 2021, Analisis Efektivitas Penjaminan Kredit Usaha Rakyat (Kur) Pada PT. Jamkrindo Kantor Cabang Pamekasan, Prociding Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol. 1 No. 1 (2021), hal. 48-53.

Kadeni & Srijani, N., 2020. Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Equilibrium, Vol. 8 No. 2 Juli 2020

Kotler, P. & Keller, K.L., 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: PT. Index.

Marlina, A.,2017. Ruang Hunian Keraton Jawa Transformasi Ndalem Bangsawan dan Rumah Abdi Dalem Magersari di Baluwarti Keraton Kasunanan Surakarta, Semarang, Indonesia: Universitas Diponegoro


Refbacks

  • There are currently no refbacks.