EVALUASI BANGUNAN HIJAU PADA RUMAH TINGGAL DI SUKOHARJO

Dewa Bintang Karolassasi, Ahmad Farkhan, Agung Kumoro Wahyuwibowo

Abstract


Bangunan hijau (Green Building) dirancang untuk mengurangi dampak lingkungan bangunan terhadap kesehatan manusia dan lingkungan alami dengan menggunakan energi, air, dan sumber daya lain secara efisien. Tujuan berikutnya penerapan Green Building dimaksudkan untuk melindungi kesehatan dan meningkatkan produktivitas penghuni dalam melakukan aktivitas serta dari sisi pengelolaan lingkungan untuk mengurangi limbah, polusi dan degradasi lingkungan. Perangkat penilaian bangunan hijau sebagai sebuah sistem sesuai dengan metode Edge Buildings yang ditinjau dari aspek langkah efisiensi energi, penghematan air, dan langkah efisiensi material. Suatu tinjauan pada rumah tinggal di Sukoharjo adalah sampel untuk dicermati terkait dengan prinsip bangunan hijau. Tinjauan aspek prinsip bangunan hijau terhadap sampel menggunakan metode Edge Buildings yakni aspek langkah efisiensi energi sebesar 48.76% dan penghematan air sebesar 34.26% sudah memenuhi kriteria Green Building, sedangkan 1 aspek lainnya yaitu langkah efisiensi material sebesar 13.79% tidak memenuhi kriteria Green Building. Selain penilaian, penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk memaksimalkan poin berdasarkan tolok ukur yang telah ditentukan.


Full Text:

PDF

References


Bloemberg, F. C., Juritsjeva, A., Leenders, S., Scheltus, L., Schwarzin, L., Su, A., & Wijnen, L. (2009). Healing environments in radiotherapy. Recommendations Regarding Healing Environments for Cancer Patients. Project Report.

Fani, V., & Artemis, K. (2010). An overview of healing environments. World Hospitals and Health Services, 46(2), 27.

Kurniawati, F. (2007). Peran Healing Environment Terhadap Proses Penyembuhan. Universitas Gadjah Mada.

Lidayana, V., Alhamdani, M. R., & Pebriano, V. (2013). Konsep dan Aplikasi Healing Environment dalam Fasilitas Rumah Sakit. Jurnal TEKNIK-SIPIL, 13(2).

Pancawati, D. (2022). Menekan Faktor Risiko Meningkatnya Kanker Payudara dan Kanker Paru. Kompas. https://www.kompas.id/baca/telaah/2022/02/11/menekan-faktor-risiko-meningkatnya-kanker-payudara-dan-kanker-paru

Putri, D. H. (2013). Widiharjo., Wibisono, A. Relasi Penerapan Elemen Interior Healing Environment pada Ruang Rawat Inap dalam Mereduksi Stress Psikis Pasien, Studi Kasus: RSUD. Kanjuruhan, Kabupaten Malang. ITB Jurnal Visual. Art & Des, 5(2), 108–120.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.