DESAIN INSTITUT TEKNOLOGI-KREATIF DENGAN PENEKANAN ARSITEKTUR MODERN
Abstract
Revolusi industri 4.0 merupakan fenoma perubahan global terutama pada semakin masifnya
pemanfaatan teknologi untuk mempermudah segala aspek kehidupan. Disisi lain permasalahan besar pun
muncul karena sebagian besar orang terutama generasi muda belum mempunyai keahlian khas dimana
mereka dapat bersaing dan memanfaatkan teknologi untuk mempertahankan maupun membangun lapangan
kerja baru untuk mereka. Menangggapi hal tersebut maka digagaslah suatu fasilitas dimana didalamnya
dapat mewadahi kegiatan pendidikan yang mempelajari dan mengasah daya cipta manusia yang khas dalam
kaitannya dengan teknologi di bidang industri kreatif dengan penekanan arsitektur modern. Metode
perancangan diawali dengan penyusunan suatu pedoman/konsep desain. Dari konsep tersebut diwujudkanlah
suatu desain Institut Teknologi Kreatif dengan Penekanan Arsitektur Modern pada pengolahan tapak,
pengolahan zonasi, hingga pengolahan fasad dan interior bangunan.
pemanfaatan teknologi untuk mempermudah segala aspek kehidupan. Disisi lain permasalahan besar pun
muncul karena sebagian besar orang terutama generasi muda belum mempunyai keahlian khas dimana
mereka dapat bersaing dan memanfaatkan teknologi untuk mempertahankan maupun membangun lapangan
kerja baru untuk mereka. Menangggapi hal tersebut maka digagaslah suatu fasilitas dimana didalamnya
dapat mewadahi kegiatan pendidikan yang mempelajari dan mengasah daya cipta manusia yang khas dalam
kaitannya dengan teknologi di bidang industri kreatif dengan penekanan arsitektur modern. Metode
perancangan diawali dengan penyusunan suatu pedoman/konsep desain. Dari konsep tersebut diwujudkanlah
suatu desain Institut Teknologi Kreatif dengan Penekanan Arsitektur Modern pada pengolahan tapak,
pengolahan zonasi, hingga pengolahan fasad dan interior bangunan.
Full Text:
PDFReferences
Diharjo, Kuncoro. dkk. 2014. Kewirausahaan Berbasis teknologi Technopreneurship. Solo: UNS Press.
Widyati, Isma. Relevansi Kurikulum Berbasis Industri Kreatif Dengan Metode Exploration And The
Economic Approach. 9.1 (2013). 29-42. Jurnal INVOTEX Vol 9, No.1 2013.
Taufiq, Ahmad. Paradigma Baru Pendidikan Tinggi dan Makna Kuliah Bagi Mahasiswa. 10.1 (2018).
-52. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan Vol 10, No.1 2018.
Nurul Aisyah, Widya. dkk. Fleksibilitas Studio Film pada Akademi Perfilman. 1.1 (2018). 1-9.
Studentjurnal.UB Vol 14, No.1 2018.
Thalia, Ivana. dkk. Penerapan Arsitejtur Modern Pada Desain Pusat Pernikahan di Kota Surakarta. 6.1
(2018). 68-76. Jurnal Senthong Vol 16, No.1 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.