PENERAPAN ARSITEKTUR BIOKLIMATIK PADA HOTEL RESOR PEGUNUNGAN DI TAWANGMANGU KARANGANYAR

Krishna Damarjati, Maya Andria Nirawati, Agus Heru Purnomo

Abstract


Kabupaten Karanganyar memiliki potensi wisata alam yang sangat menjanjikan, khususnya di  Kecamatan Tawangmangu. Jumlah objek wisata alam yang berkembang di Tawangmangu ini juga didukung dengan ditentukannya Tawangmangu menjadi poros utama perkembangan objek wisata alam di Kabupaten Karanganyar. Berdasar fenomena tersebut, dapat diperkirakan bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tawangmangu ini akan meningkat di waktu mendatang. Fenomena ini belum direspon dengan fasilits akomodasi jasa penginapan yang tersedia. Hal tersebut menjadikan perancangan Hotel Resor pegunungan ini menjadi penting dalam rangka merespon fenomena yang ada. Hotel Resor Pegunungan ini dirancang menjadi bangunan yang hemat energi dan juga beradaptasi dengan lingkungan tapak. Arsitektur Bioklimatik dipilih untuk dapat memenuhi tuntutan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan arsitektur bioklimatik dalam perancangan ini meliputi memperhatikan aspek lingkungan, prinsip desain arsitektur bioklimatik, konservasi energi dengan penggunaan sumber energi terbarukan, dan juga integrasi sistem-sistem dengan proses alam. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif melalui proses perumusan masalah, pengumpulan data yang kemudian dianalisis yang menghasilkan desain arsitektural. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan Arsitektur Bioklimatik pada Hotel Resor Pegunungan pada prinsip memperhatikan aspek lingkungan, prinsip desain arsitektur bioklimatik, konservasi energi dengan penggunaan sumber energi terbarukan, dan juga integrasi sistem-sistem dengan proses alam. 


Full Text:

PDF

References


Brenda, V., & Robert, V. (1991). Green Architecture, Design for a Sustainable Future. New York: Mc. Graw Hillbook, Inc.

Riskiani, N., Suastika, M., & Pitana, T. (2019). Penerapan Material Ekologis pada Desain Taman Rekreasi Pantai di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Senthong, Vol. 2, No. 1, 183192.

Rosang, Agnes G.P. (2016). Penerapan Konsep Desain Arsitektur Bioklimatik . Arsitektur Unstrat

Santi, M., Setyaningsih, W., & Winarto, Y. (2019). Penerapan Prinsip Arsitektur Ekologis pada Pengembangan Resort Center di Kawasan Pantai Pancer Door Pacitan. Senthong, Vol.2, No.2, 469-478.

SNI 03-6197-2000 Tentang Konservasi Energi Pada Sistem Pencahayaan

SNI 03-6572-2001 Tentang Tata Cara Perancangan Sistem Ventilasi Dan Pengkondisian Udara Pada Bangunan Gedung.

Yeang, Ken. (1994). Bioclimatic Skyscepers, London: Artemis London Limited

Yeang, Ken. (1995). Designing with Nature: The Ecological Basis for Architectural Design . New York: McGraw Hill Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.