PENGEMBANGAN KAMPUNG NELAYAN MUARA ANGKE DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL

Wira Prasetyo Budi, Hardiyati Hardiyati, Rachmadi Nugroho

Abstract


Muara Angke merupakan salah satu lokasi industri perikanan untuk memasok kebutuhan ikan di DKI Jakarta. Hal ini didukung dengan lokasi yang berada di pesisir laut, sehingga dapat dengan mudah diakses memalui jalur darat maupun jalur laut. Muara Angke memiliki fasilitas yang dapat menunjang kegiatan industri perikanan seperti, pelabuhan, pasar, tempat pengolahan ikan dan tempat pelelangan ikan. Saat ini, kebutuhan fasilitas pendukung untuk menunjang kegiatan di Muara Angke belum terintegrasi. MelihatĀ  kondisi tersebut, maka dibutuhkan pengembangan pada Kampung Nelayan Muara Angke dengan cara mengoptimalkan kualitas sarana dan prasarana, sehingga menghasilkan fasilitas yang terintegrasi. Guna mendukung hal tersebut, arsitektur kontekstual merupakan strategi desain yang sesuai pada perencanaan dan perancangan pengembangan di Muara Angke. Strategi ini bertujuan untuk menghasilkan kawasan yang terintegrasi sehingga dapat memberikan kemudahan aktivitas dan kenyaman bagi pengguna yang ada di Muara Angke. Metode yang digunakan adalah dengan studi observasi ke pengguna, studi lapangan serta literatur pada teori terkait. Prinsip-prinsip arsitektur kontekstual yang responsif, yaitu permeability; variety; legibility; robustness; richness; visual appropriate; dan personalization. Penerapan aspek tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan sarana dan prasarana demi menunjang kegiatan pengguna yang ada di Muara Angke.

Full Text:

PDF

References


Ali, L. D. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ke-Dua). Jakarta: Perum Balai Pustaka. Brolin, B.C. (1980). Architecture In Context. Melbourne: Van Nostrand Reinhold Company.

Bentley, I. D. (1985). Responsive Environments. London: The Architectural Press Ltd.

Prasetyo, W. (2020). Pengembangan Kampung Nelayan Muara Angke dengan Pendekatan Arsitektur Kontekstual. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.