STRATEGI PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PASAR AGROPOLITAN KOPI SUMOWONO DI KABUPATEN SEMARANG

Anindita Arifah Sekarsonya, Hardiyati Hardiyati, Sumaryoto Sumaryoto

Abstract


Perencanaan dan Perancangan Pasar Agropolitan Kopi Sumowono merupakan rencana perancangan fasilitas pengolahan kopi yang dikembangkan dari Pasar Agropolitan Sumowono. Pasar ini terletak di Jalan Kaloran-Sumowono, Kabupaten Semarang. Fasilitas ini direncanakan untuk mengisi ruang belum adanya fasilitas pengolahan kopi yang memadai di Sumowono atas dasar pertimbangan potensi pengembangan olahan paska-panen kopi. Perencanaan Pasar Agropolitan dilakukan dengan metode perencanaan dan perancangan arsitektur. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang pasar yang memiliki fungsi bangunan sebagai wadah kegiatan perniagaan komoditas kopi dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode perencanaan dan metode perancangan. Hasil perencanaan dan perancangan ini adalah  Pasar Agropolitan Kopi Sumowono yang memiliki fasilitas hall, kelas pelatihan, kantor pengelola, taman, Kopimart, fasilitas pengolahan kopi, pengolahan limbah cair kopi beserta kolam pemurnian air yang menjadi taman pengguna.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang. 2019. Jumlah Produksi Tanaman Perkebunan Rakyat di Kabupaten Semarang Menurut Kecamatan Tahun 2018. Kabupaten Semarang: BPS Kabupaten Semarang.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang. 2017. Kecamatan Sumowono Dalam Angka. Kabupaten Semarang: BPS Kabupaten Semarang.

Ekomadyo, Agus S. & Hidayatsyah, Sutan. 2012. Isu, Tujuan dan Kriteria Pasar Tradisional. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI hal. 1-7. Institut Teknologi Bandung.

BSNI. (2015 ). SNI 8152:2015 tentang Pembangunan dan Pengelolaan Pasar Rakyat. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional Indonesia.

No.112, P. P. (2007). Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisionnal, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Peraturan Daerah Kabupaten Semarang No.15/2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Semarang Tahun 2016 – 2021.

White, E. T., 1983. Site Analysis: Diagramming Information for Architectural Design. Florida: Architectural Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.