PENERAPAN ARSITEKTUR EKOLOGI PADA REDESAIN IHSANUL FIKRI BOARDING SCHOOL DI MAGELANG

Aisyah Nur Izzati, Hari Yuliarso, Ana Hardiana

Abstract


Ihsanul Fikri Boarding School sebagai sarana pendidikan karakter belum optimal dalam memenuhi kebutuhan ruang dan pengguna serta dalam mengelola potensi alam dan memelihara kondisi lingkungan yang terdapat di Kabupaten Magelang. Arsitektur Ekologi dipilih sebagai konsep karena melibatkan peran manusia dalam menjaga kondisi lingkungan yang berbanding lurus dengan tujuan pendidikan karakter yang diterapkan di Islamic Boarding School. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan prinsip Arsitektur Ekologi agar kawasan Ihsanul Fikri Boarding School dapat menjadi lebih kondusif sebagai area pendidikan karakter serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terbagi menjadi tahap penentuan gagasan awal, penelusuran dan perumusan masalah, pengumpulan data, dan analisis pendekatan perumusan perencanaan dan perancangan yang berpedoman pada prinsip Arsitektur Ekologi dan Standar Sekolah Islam Asrama. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan prinsip Arsitektur Ekologi yang berfokus pada penghematan energi dan ramah lingkungan yang dicapai melalui pengolahan zoning untuk menghemat energi sirkulasi dan mengurangi polusi udara, pengolahan performasi bangunan yang responsif terhadap pencahayaan dan penghawaan alami, pemilihan material bangunan yang dapat didaur ulang atau digunakan kembali, pengadaan ruang-ruang hijau, penerapan energi terbarukan berupa panel surya, air hujan, dan biogas, serta meminimalisir pencemaran tanah dan air dengan pengolahan limbah sampah dan sistem IPAL.

Kata kunci: Ihsanul Fikri Boarding School, Arsitektur Ekologi, pendidikan karakter


Full Text:

PDF

References


Anggit. 2016, November 14. Wawali: Sekolah Wajib Ramah Lingkungan – Pemerintah Kota Magelang. Magelang Kota. Retrived from http://www.magelangkota.go.id/home/detail/20161114TL115121

Frick,H. Koesmartadi, Ch. 1999. Ilmu Bahan Bangunan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Frick, H. Mulyani, T.H., 2006. Arsitektur Ekologis, Konsep Arsitektur Ekologis di Iklim Tropis, Penghijauan Kota dan Kota Ekologis, serta Energi Terbarukan. Yogyakarta: Penebit Kanisius

Frick, H. Suskiyatno, F.B., 1998. Dasar-Dasar Eko Arsitektur. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Jakarta Post. 2017, July 18. Islamic Boarding School Key to Guarding National Unity: Minister. Retrived from http://www.thejakartapost.com/news/2017/07/18/islamic-boarding-schools-key-to-guarding-national-unity-minister.html

Manurug, Parmonangan. 2012. Pencahayaan Alami dalam Arsitektur. Yogyakarta: Penerbit Andi

Pangkalan Data Pondok Pesantren. (n.d.). Statistik Data Pondok Pesantren. Retrived from https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik

Preiser, W. Rabinowitz, H. 1998. Post Occupancy Evaluation. New York: Vam Nostrand Reinhold Company

Riskiani, N., Suastika, M., & Pitana, T.S. 2019. Penerapan Material Ekologis pada Desain Taman Rekreasi Pantai di Kabuoaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. SENTHONG, Vol. 2, No.1, Januari 2019, 183-192.

Roaf, S. Fuentes M. Thomas, S. 2001. Eco House: A Design Guide. Oxford: Architectural Press

Soemarwoto, Otto. 1991. Ekologi, Lingkungan Hidup, dan Pembangunan. Jakarta: Penerbit Djambatan

Yeang, Kenneth. 1995. Design with Nature: The Ecological Basis for Architectural Design. Dalam S. Hart, & D. Littlefielf (Penyunt.), EcoArchitecture; the work of Ken Yeang. United Kingdoom: John Wiley & Sons, Ltd, Publication.

Yuliani, S. 2014. Metoda Perancangan Arsitektur Ekologi. Surakarta: UNS Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.