PENERAPAN KONSEP TEACHING FACTORY PADA PERANCANGAN AKADEMI TEKNOLOGI KULIT (ATK) MAGETAN

Mar'ah Yusril Aulia, Tri Yuni Iswati, Ofita Purwani

Abstract


Jurnal ini difokuskan pada implementasi konsep Teaching Factory pada Akademi Teknologi Kulit (ATK)
Magetan. Konsep Teaching Factory merupakan konsep pendidikan yang mana suasana proses pembelajaran
dirancang menyerupai suasana industri yang nyata dengan teknologi modern agar mahasiswa dapat memiliki
pengalaman nyata dan skill yang mumpuni. Konsep tersebut dianggap cocok untuk diterapkan pada Akademi
Teknologi Kulit (ATK) Magetan yang merupakan pendidikan tinggi vokasi yang diharapkan mampu mencetak
lulusan berkompeten guna memenuhi kebutuhan SDM di dunia industri kulit Magetan. Metode penelitian ini
menggunakan metode deskriptif yang melalui beberapa tahapan, yaitu perumusan masalah, tinjauan teori,
pengumpulan data, analisis, serta perumusan konsep. Pembahasan berisi mengenai analisis penerapan
Teaching Factory pada beberapa aspek, yaitu kebutuhan ruang, penataan ruang, dan tampilan bangunan. Hasil
dari penelitian ini berupa penerapan konsep Teaching Factory pada ATK Magetan dalam lingkup arsitektural,
antara lain pengadaan pabrik skala kecil dan unit pemasaran, penataan ruang praktik yang disesuaikan dengan
standar lingkungan kerja di dunia industri, serta penataan lingkungan kampus yang menggambarkan suasana
lingkungan industri.


Full Text:

PDF

References


Aisyah Risti Amini, Amin Sumadyo, Avi Marlina. (2019). Penerapan Prinsip Arsitektur Industrial dalam Produktifitas Ruang pada Solo Creative Design Center. Senthong Vol. 2 No. 2, Juli 2019, 395-404.

Buka D-1 Produk Kulit, Bupati Dan Poltek ATK Yogyakarta Teken MoU. (2019, November 21). Magetan Today. https://magetantoday.com/buka-d-1-produk-kulit-bupati-dan-poltek-atk-yogyakarta-teken-mou/

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2016). Buku Panduan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Tinggi Vokasi. 111.

Direktorat Pembinaan SMK. (n.d.). Modernisasi Bengkel dan Laboratorium Kejuruan Abad 21.

Direktorat Pembinaan SMK. (2017). Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory.

Direktorat Pembinaan SMK. (2019). Panduan Pengembangan Teaching Factory.

Fitrihana, N. (2019). Rancangan Pembelajaran Teaching Factory Di Smk Tata Busana. Home Economics Journal, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.21831/hej.v2i2.23293

Gita Bintari Farisza, Suparno, Agung Kumoro WW. (2019). Penerapan Psikologi Arsitektur pada Perancangan Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual di DKI Jakarta. Senthong Vol. 2 No. 1, Januari 2019, 279-288.

Hadinata, R. (2014). ANALISIS STRATEGI PENGRAJIN KULIT DALAM MENGEMBANGKAN USAHA (Studi Kasus di Sentra Industri Kerajinan Kulit. 6(2), 10.

Nanyang Polytechnic. (n.d.). Teaching Factory Concept. https://www.nyp.edu.sg/schools/seg/innovative-teaching-and-learning/the-factory-teaching-concept.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.