PENERAPAN ARSITEKTUR HIJAU PADA DESAIN PERPUSTAKAAN UMUM KOTA SURAKARTA

David Ardian, Widi Suroto, Ana Hardiana

Abstract


Perpustakaan umum adalah tempat, ruangan atau bangunan yang berisi koleksi buku dan digunakan untuk pemeliharaan buku, keperluan masyarakat umum tanpa memandang latar belakang pendidikan, adat istiadat, agama, umur, dan jenis kelamin, serta memiliki koleksi pustaka dari beragam jenis bidang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Arsitektur hijau adalah arsitektur yang berwawasan lingkungan dan berlandaskan kepedulian tentang konservasi lingkungan global alami dengan penekanan pada efisiensi energi, pola berkelanjutan serta menghasilkan tampat hidup yang nyaman dengan mengoptimalkan sumber daya dan energi yang digunakan bangunan. Pendekatan arsitektur hijau digunakan karena prinsip-prinsip arsitektur hijau yang meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan manusia sekitarnya serta menghasilkan tempat hidup yang nyaman dengan mengoptimalkan sumber daya dan energi yang digunakan tidak dapat dilepaskan dari perpustakaan yang akan selalu digunakan oleh masyarakat umum serta berkelanjutan untuk generasi selanjutnya. Surakarta merupakan salah satu kota dengan antusias warga untuk mengunjungi perpustakaan yang kian meningkat tiap tahunnya maka memerlukan perpustakan yang dapat menjadi wadah kegiatan masyarakat. Tujuan penelitian ialah untuk menerapkan prinsip-prinsip arsitektur hijau pada desain perpustakaan umum Kota Surakarta. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dimulai dengan terbentuknya pola pikir yang menghasikan suatu susunan yang dapat digunakan sebagai acuan perencanaan dan perancangan perpustakaan umum Kota Surakarta dengan pendekatan arsitektur hijau, kemudian pengaplikasian prinsip-prinsip arsitektur hijau pada desain perpustakaan umum Kota Surakarta. Prinsip-prinsip arsitektur hijau di antaranya mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh tapak, mengoptimalkan penggunaan energi, serta memanfaatkan sumber energI terbarukan, mengoptimalkan pengunaan air dalam bangunan, dan pengolahan kembali air limbah. Penerapan prinsip-prinsip arsitektur hijau terdapat pada perancangan tapak, struktur, tampilan bangunan, dan utilitas.

Kata kunci: Perpustakaan Umum, Arsitektur hijau, Surakarta


Full Text:

PDF

References


Basuki, Sulistyo. 1991. Pengantar ilmu perpustakaan. 1 ed. 1. jakarta: Gramedia Pusaka Utama. Kemdikbud, KBBI. 2017. “Arti kata pustaka - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” 2017.

https://kbbi.web.id/pustaka.

“Kota Surakarta.” 2019. In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Kota_Surakarta&oldid=14829416.

Kurniawati, Rice. 2016. “Jenis jenis perpustakaan - Seputar Ilmu Perpustakaan.” 2016.

https://sites.google.com/site/seputarilmuperpustakaa/jenis-jenis-perpustakaan.

Media, Kompas Cyber. 2018. “Per Hari, Rata-rata Orang Indonesia Hanya Baca Buku Kurang dari Sejam.” KOMPAS.com. 26 Maret 2018. https://nasional.kompas.com/read/2018/03/26/14432641/per-

hari-rata-rata-orang-indonesia-hanya-baca-buku-kurang-dari-sejam.

Primasetyo, Erdiansyah. 2014. “Green Architecture, Green Plan & Green City.” To Be an Architech (blog).

November 2014. https://erdiindies.wordpress.com/2014/11/24/green-architecture-green-

plan-green-city/.

Saputro, Imam. 2017. “Jumlah Pengunjung Perpustakaan Daerah Surakarta Lampaui Target.”

TribunSolo.com. 2017. http://solo.tribunnews.com/2017/11/16/jumlah-pengujung-

perpustakaan-daerah-surakarta-lampaui-target.

SNI 7495. 2009. STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) DALAM BIDANG PERPUSTAKAAN. jakarta:

perpustakaan nasional R.I.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.