URBAN HYBRID DI KOTA JAKARTA SELATAN SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENAMBAH PERSENTASE RUANG TERBUKA HIJAU KOTA JAKARTA

Panji Diwya Ugranindito, Mohamad Muqoffa, Ummul Mustaqimmah

Abstract


Manusia membutuhkan tumbuhan untuk berbagai hal dan tumbuhan juga membutuhkan manusia untuk tetap dipelihara semaksimal mungkin. Fenomena saat ini justru tidak sesuai yang diharapkan, manusia cenderung merusak ruang hijau yang ada. Ruang-ruang hijau dihilangkan untuk keperluan manusia tanpa memperhatikan ekosistem yang ada. Menurut data dari Peta landcover DKI Jakarta tahun 1982, 2000 dan 2013, ruang hijau di Kota Jakarta mengalami penurunan persentase ruang terbuka hijau secara signifikan. Dari permasalahan tersebut, perancangan Urban Hybrid di Kota Jakarta Selatan bertujuan untuk menghasilkan desain hunian dan urban farming dengan memaksimalkan ruang terbuka hijau sebaik mungkin. Tujuan dari Urban Hybrid adalah menghasilkan desain hunian yang dapat menambah persentasi ruang terbuka hijau bagi Kota Jakarta. Strategi yang dibutuhkan dalam perancangan Urban Hybrid di Kota Jakarta Selatan adalah penggabungan fungsi hunian dan urban farming. Konsep Hybrid Space digunakan untuk desain Urban Hybrid di Kota Jakarta Selatan. Konsep Hybrid Space dibagi menjadi tiga yaitu Penerapan Secara Makro, Mezo dan Mikro. Metode perencanaan dan perancangan yang digunakan yaitu penentuan gagasan awal, pengumpulan data, analisis data dan penyusunan konsep desain. Analisis yang dilakukan menghasilkan penerapan prinsip Hybrid Space pada bangunan yang dimunculkan dalam pengolahan tapak, peruangan, bentuk, struktur dan utilitas. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat menjadi paradigma baru desain hunian yang lebih memperhatikan ruang hijau di Kota Jakarta. 

 

Kata kunci: Urban Hybrid, Hunian dan Urban Farming, Hybrid Space


Full Text:

PDF

References


E. Krasilnikova, D. Klimov. (2016). THE MAIN DESIGN PRINCIPLES OF HYBRID SPACES IN TERMS OF THE URBAN PLANNING REGENERATION.

Ghoustanjiwani A.P, Kusmara T, Yanuar. (2011). Teknologi Vertical Garden : Sustainable Design atau Hanya Sebuah Trend dalam Urban Livestyle? SEMINAR NASIONAL LIVESTYLE AND ARCHITECTURE. Bandung.

Respati Arsy Buana Murti, Avi Marlina, Amin Sumadyo. (2020). STRATEGI HIBRID UNTUK MENCIPTAKAN INTERAKSI RUANG PADA ASRAMA MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Senthong Vol 3 No 2, Juli 2020, 529-538.

Rio Hendra Saputra, Bambang Tri Ratma, Agung Kumoro (2019). PENERAPAN DESAIN BIOPHILIK PADA RANCANGAN RUMAH SUSUN DI KEMBANGAN, JAKARTA BARAT. SENTHONG, Vol. 2, No.1, Januari 2019, 89-98.

Sugarwa N, Susanto. (2005). Ruang Terbuka Hijau Menggunakan Teknik Penginderaan Jauh (studi kasus: di DKI Jakar-ta). Pertemuan Ilmiah Tahunan MAPIN XIV. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.