PENERAPAN HEALING ENVIRONMENT PADA PERANCANGAN PUSAT REHABILITASI PEREMPUAN KORBAN KDRT DI SURAKARTA

Syifa Pradnya Kusumawardhani, Dyah Susilowati Pradnya Paramita, Bambang Triratma

Abstract


Di Solo Raya, sepanjang tahun 2019, dari sebanyak 163 kasus kekerasan terhadap perempuan, 80% kasus merupakan kasus KDRT. Dalam menangani kasus KDRT, penanganan secara menyeluruh diperlukan untuk mengembalikan kondisi korban. Namun, sarana dan prasarana yang tersedia dinilai masih kurang. Maka, dibutuhkan Pusat Rehabilitasi Perempuan Korban KDRT sebagai sarana korban mendapatkan penanganan penyembuhan yang terpadu dan sistematis, dengan pengaplikasian prinsip Healing Environment yang dilakukan untuk menciptakan suasana yang tenang, nyaman, dan aman. Ada tiga kriteria desain yang dapat membantu proses pemulihan manusia, yaitu sense sensitive design, emotional mapping, dan the design prescription. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif, dengan beberapa tahapan di antaranya membangun gagasan dari fenomena yang ada, penemuan sintetis, studi literatur, eksplorasi gagasan, analisis data, dan perumusan konsep desain. Hasil dari penelitian ini berupa implementasi pendekatan Healing Environment sebagai dasar pertimbangan keputusan desain dari perancangan Pusat Rehabilitasi Perempuan Korban KDRT di Surakarta.

Kata kunci: Kekerasan terhadap Perempuan, KDRT, Pusat Rehabilitasi, Healing Environment 


Full Text:

PDF

References


Coss, R., & Moore, M. (1990). All that Glistens: Water Connotations in Surface Finishes. Ecological Psychology. 2 (4), 80-367.

Huisman, Morales, Hoof, V., & Kort, H. (2012). Healing Environment: A Review of the Impact of Physical Environmental Factors on Users. Building and Environments 58, 70-80.

Jones, K., & Debra, C. (2012). Health and Human Behavior. United Kingdom: Oxford University Press. Komnas Perempuan. (2020). Catahu Komnas Perempuan 2019. Jakarta.

Kuo, F., & Faber Taylor, A. (2004). A Potential Natural Treatment for Attention-Deficit/Hyperactivity

Disorder: Evidence from a National Study. American Journal of Public Health. 94 (9), 58-832 Montague, K.N. (2009). Healing Environment: Enhancing Quality and Safety through Evidence-Based Design. Retrieved from Planetree International: https://planetree.org/. Diakses 28 Januari

Mazuch, R., & Stephen, R. (2005). Creating Healing Environments: Humanistic Architecture and

Therapeutic Design. Journal of Public Mental Health, Vol 4. 4, 48-52.

SPEK-HAM. (2020). Catahu SPEK-HAM 2019. Surakarta.

Ulrich, R. (2002). Health Benefits of Gardens in Hospitals. Texas: Texas A & M University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.