STRATEGI DESAIN PERPUSTAKAAN UMUM TEGALREJO MAGELANG MELALUI RESTORATIVE ENVIRONMENT DESIGN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA

Nufaisa Nurul Aini, Tri Joko Daryanto, Musyawaroh Musyawaroh

Abstract


Fenomena minat baca yang rendah di Indonesia masih menjadi permasalahan yang perlu dituntaskan, dan hal ini menjadi tugas bagi perpustakaan sebagai sarana belajar dan mendapatkan ilmu. Begitu pula dengan fenomena minat baca di Kabupaten Magelang yang masih perlu ditingkatkan, ditambah dengan kurangnya distribusi unit perpustakaan, menjadikan perlunya perpustakaan sebagai wadah untuk membaca dan mendapatkan ilmu harus menggunakan pendekatan baru dalam desainnya. Pendekatan ini disebut Restorative Environment Design (RED) dan pendekatan ini dipilih karena membantu menciptakan perpustakaan menjadi tempat yang minim stres dan menyenangkan karena pendekatannya lebih melalui aspek psikologis sehingga bisa diterima oleh semua orang. Dalam mengimplementasikan teori RED ke dalam desain perpustakaan diperlukan strategi desain. Kemudian dari situ dilakukan pengkajian berupa pengumpulan data dari literatur dan lapangan, serta analisa dari hasil pengumpulan data. Dari hasil analisa dapat disimpulkan bahwa terdapat 3 strategi desain dalam pendekatan ini, yaitu strategi vernakuler yang diwujudkan dengan adanya ruang komunal dan pengelompokan ruang, strategi biofilik yang diwujudkan dengan menghadirkan elemen alam dan lingkungan sehat, dan strategi berkelanjutan yang diwujudkan dengan menyediakan sel surya, sumur resapan, tempat pengolahan limbah, dan adanya lingkungan sehat yang terwujud dari strategi biofilik.

Full Text:

PDF

References


Bakar A. R., S. A. 2014. Faktor-Faktor Rendahnya Minat Baca Masyarakat di Taman Baca Masyarakat. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Hindarto, T. 2014. Minat Membaca yang Rendah: Persoalan, Dampak Sosial Kultural, Jalan Keluar. Koran Kebumen Ekspres. Diakses pada tanggal 2020.

Kellert, S. R. 2005. Building for Life: Designing and Understanding the Human-Nature Connection. New York: Island Press.

Kellert, S. R., Heerwagen, J. H., dan Mador, M. L. 2008. Biophilic Design—The Theory, Science, and Practice of Bringing Buildings to Life. New Jersey: John Wiley & Sons.

Nabilah, A. N. , Purnomo, A.H., dan Pramesti, L. 2021. Penerapan Koneksi Visual dengan Alam pada Redesain Terminal Induk Jati di Kabupaten Kudus. Jurnal Senthong, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret, Vol. 4, No. 1, 2021, Hlm. 23-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.