PENERAPAN ARSITEKTUR FUTURISTIK PADA DESAIN E-SPORT CENTER DI SURAKARTA

Bian Sukmo Negoro, Samsudi Samsudi, Made Suastika

Abstract


Di Indonesia, e-Sport sudah berkembang pesat dan diakui oleh pemerintah dengan memiliki asosiasi resmi yang telah mendapat pengakuan dan dukungan penuh yaitu Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) yang diketuai oleh Jenderal Pol. (P.) Prof. Dr. Budi Gunawan S.H., M.Si. Akan tetapi perkembangan e-sport yang pesat ini tidak diimbangi oleh fasilitas e-Sport yang ada di Indonesia. Saat ini fasilitas e-Sport yang ada di Indonesia hanya dapat digunakan sebagai tempat untuk bermain game saja tanpa adanya tempat untuk menyelenggarakan kompetisi dan tempat pelatihan yang dapat memunculkan atlet-atlet baru. Berdasarkan teori yang telah dikaji didapat lima kriteria desain arsitektur futuristik yang dapat diterapkan pada e-sport center di Surakarta ini, yaitu: : a. Gubahan massa terpusat berdasarkan pengelompokan fungsi b. Pengolahan tapak dengan pola garis miring sebagai garis imajiner dalam menghadirkan kesan kreatif dan inovatif. c. Tampilan fasad bangunan mengadopsi bentuk blitz d. Penerapan fleksibilitas ruang pada e-sport arena yang bisa di alih fungsikan. e. Penggunaan teknologi terbaru.


Keywords: e-Sport, e-Sport Arena, futuristik


Full Text:

PDF

References


Arsitektur Futuristik Pengertian, Prinsip dan Contohnya. (2018). Retrieved from arsitur.com: https://www.arsitur.com/2018/07/arsitektur-futuristik-pengertian-prinsip-contoh.html

Ching, F. D. (2008). Arsitektur Bentuk, Ruang dan Tatanan edisi ketiga. Jakarta: Erlangga.

Hadinoto, K. (1996). Perencanaan Pengembangan Destinasi Wisata. Jakarta: UI Press.

Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. (2017). Diambil kembali dari apjii.or.id: https://apjii.or.id/content/read/39/342/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku- Pengguna-Internet-Indonesia-2017

Joseph De Chiara & John Hancock Callender. (1983). Time Saver Standards for Building Types. MeGRAW-Hill International Editions.

Laksito, B. (2014). Metode Perencanaan & Perancangan Arsitektur. Jakarta: Griya Kreasi. Macdonald, A. J. (2002). Struktur dan Arsitektur Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Neufert, E. (1996). Data Arsitek. Jakarta: Erlangga.

Neufert, E. (2002). Data Arsitek Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Pendit, N. S. (1986). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT.Pradnya Paramita. Sekilas IeSPA. (2019). Diambil kembali dari iespa.or.id: http://iespa.or.id/index.php/about-us Yoeti, O. A. (1993). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.