PUSAT PELAYANAN DAN HUNIAN ANAK DENGAN HIV AIDS DENGAN PENDEKATAN TEORI PERILAKU

Puteri Halimatussadiah, Hardiyati Hardiyati, Kusumaningdyah Nurul Handayani

Abstract


Virus HIV/AIDS yang berkembang sejak tahun 1987 biasanya dikaitkan dengan kelompok cinta sesama jenis dan pelaku seks komersial, tetapi sekarang ibu rumah tangga dan anak-anak harus membayar harganya. Indonesia menempati urutan ketiga di Asia Pasifik untuk jumlah HIV/AIDS, setelah China dan India. Pertumbuhan jumlah tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun, dan kelompok usia penderita HIV/AIDS berada di bawah empat tahun. Secara nasional, Jawa Tengah menempati urutan keempat dalam hal HIV/AIDS sehingga Surakarta memiliki RPJMD tentang kesejahteraan sosial, termasuk merawat balita terlantar yang terinfeksi HIV/AIDS. Stigma muncul, dan tidak ada yang mau tinggal di antara balita itu, karena mereka terisolasi dari masyarakat karena kurangnya pengetahuan tentang virus itu sendiri. Oleh karena itu, perencanaan gedung ini bertujuan untuk menciptakan ruang yang memfasilitasi anak dengan HIV/AIDS untuk sehat dan pulih dengan teori perilaku yang menerapkan preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Metode penelitian yang diterapkan berdasarkan studi lapangan dan wawancara terhadap Yayasan Lentera di Jebres, sebagai naungan anak dengan HIV/AIDS yang terkucilkan dari masyarakat Surakarta. Dari hasil penelitian, analisis dan konsep bangunan yang terancang dengan susunan massa kluser berbentuk kubus, tampilan massa dengan bukaan terbuka yang memberikan rasa kedekatan dengan masyarakat, dengan banyak daerah publik sebagai ruang aktivitas anak dengan masyarakat.

 

Kata kunci: HIV/AIDS, teori perilaku, stigma, preventif, kuratif, rehabilitatif


Full Text:

PDF

References


Azwar, A. 2010. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta : Binarupa Aksara.

Kepmenkes RI No. 829 tahun 1999 tentang Standard Kualitas Rumah Sehat

Konvensi Hak-hak anak yang disetujui oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa – Bangsa pada 20 November 1989

Murphy, Jenna. 2008. The Healing Environment. Dalam jurnal “Konsep Dan Aplikasi Healing Environment Dalam Fasilitas Rumah Sakit”

Pedoman Manajemen Program Pencegahan Penularan HIV/AIDS. (2015)

Pedoman Teknis Penilaian Rumah Sehat tahun 2007

Peraturan Menteri Sosial No. 30/HUK/2011 tentang Standar Nasional Pengasuhan Anak untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak.

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setiawan, B dan Haryadi. 2010. Arsitektur Lingkungan dan Perilaku. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Surasetja, Irawan. (2007). Fungsi, Ruang, Bentuk dan Ekspresi dalam Arsitektur.

Tandal dan Egam. 2011. Arsitektur Berwawasan Perilaku. Media matrasain. Vol 8.

UU RI No. 36 Tahun 2009 pasal 1 ayat 11


Refbacks

  • There are currently no refbacks.