PENERAPAN ARSITEKTUR METAFORA PADA PERANCANGAN PUSAT WISATA EDUKASI AGROINDUSTRI SOHUN DI DESA MANJUNG KABUPATEN KLATEN

Nadia Fadjui Putri, Sumaryoto Sumaryoto, Kusumaningdyah Nurul Handayani

Abstract


Pusat Wisata Edukasi Agroindustri Sohun adalah bangunan yang mewadahi kegiatan wisata berupa objek aktivitas masyarakat agroindustri sohun di Desa Manjung. Objek aktivitas masyarakat menjadi daya tarik untuk dipelajari seperti komponen pengadaan bahan baku, pengolahan, dan pemasarannya. Tipologi bangunan produksi yang dipilih yaitu bangunan produksi yang terpisah di ladang persawahan. Pada perancangan bangunan ini terdapat permasalahan arsitektur diantaranya: bentuk, tata massa, dan tampilan bangunan. Sebagai wadah kegiatan agroindustri sohun dan wisata edukasi, maka dibutuhkan ruang-ruang interaksi antara pengunjung dengan pelaku lain. Selain itu juga dibutuhkan wadah fasilitas pendukung kegiatan seperti bangunan teoritik, warung sohun, pengemasan bersama, dan bangunan servis. Lokasi perancangan berada di Desa Manjung, maka dibutuhkan desain bangunan penguat citra kawasan sebagai sentra agroindustri. Arsitektur metafora dipilih sebagai strategi desain dengan menghadirkan bentuk dan tampilan yang dapat dijumpai di sekitar kawasan. Tahapan metode penelitian yaitu penentuan gagasan awal, pengumpulan data, pengolahan data, analisis, dan penentuan konsep desain. Penerapan arsitektur metafora diwujudkan dengan menerapkan tata massa dan bentuk konkrit pemandangan Gunung Merapi pada pengolahan massa dan bentuk visual bangunan. Selain itu juga menerapakan bentuk dan tampilan bangunan tradisional Jawa. Pemilihan tersebut harapannya membangun citra positif dalam destination branding Desa Manjung sebagai kawasan peruntukan industri sebagai sentra produksi sohun di Kabupaten Klaten.

 

Kata kunci: Wisata Edukasi, Agroindustri, Sohun, Desa Manjung, Arsitektur Metafora


Full Text:

PDF

References


Perda Nomor 7 Tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Klaten tahun 2005-2025.

Antoniades, A. C. (1990). Poetics of Architecture. New York: Van Nostrandt Reinhold.

Haryadi.( 2017). Teknologi Mi, Bihun, Sohun, Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Ismunandar, R. (1986). Joglo Arsitektur Rumah Tradisional Jawa. Semarang. Dahara Prize.

Peraturan Perindustrian RI No. 75/M-IND/PER/7/2010 tentang Pedoman CPPOB (Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik) atau Good Manufacturing Practices.

Udayana, I Gusti bagus. (2011). Peran Agroindustri dalam Pembangunan Pertanian. Singhadwala.

Suwena, I Ketut. dan Widyatmaja, I Gusti Ngurah. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar. Pustaka Larasan.

Sulistyo, Ruhulbaq Albarqi Slamet, Kusumaningdyah Nurul Handayani, dan Ana Hardiana. (2019). Penerapan Prinsip Arsitektur Simbiosis pada Rumah Produksi Jamu Bersama di Sentra Industri jamu Nguter Sukoharjo. Surakarta. Jurnal Senthong, Vol. 2, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.