EKOLOGI ARSITEKTUR SEBAGAI PEDOMAN PADA PERANCANGAN CREATIVE HUB DI TAMAN BALEKAMBANG SURAKARTA

Sherlin Kusuma Cantika, Maya Andria Nirawati, Kusumaningdyah Nurul Handayani

Abstract


Kota Surakarta dinobatkan ke dalam Jaringan Kota Kreatif oleh BEKRAF pada bidang seni pertunjukan tahun 2019. Tahun 2023, BEKRAF kembali mempersiapkan Kota Surakarta untuk maju ke dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO. Kota Surakarta sendiri memiliki 3 (tiga) subsektor utama pada industri kreatif, yaitu seni pertunjukan, kerajinan, dan mode. Solusi untuk peluang ini adalah dengan merancang Creative Hub yang mewadahi berbagai subsektor ekonomi kreatif di Taman Balekambang. Taman Balekambang dipilih sebagai lokasi karena merupakan salah satu pusat pertunjukan dan selaras dengan RTRW Kota Surakarta, yaitu sebagai kawasan cagar alam, seni, budaya, wisata, dan pengembangan industri kreatif. Ekologi Arsitektur yang menjadi pedoman dalam perancangan ini, dilatarbelakangi oleh kawasan Taman Balekambang sebagai cagar alam dan taman botani dengan beberapa tumbuhan langka dan tua di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pemecahan masalah. Dimulai dari observasi data lapangan berupa kondisi eksisting bangunan dan tapak yang kemudian akan mucul permasalahan desain. Permasalahan tersebut dianalisis dan diselesaikan dengan penyelesaian desain yang berpedoman pada Ekologi Arsitektur. Konsep perancangan yang dihasilkan adalah desain berkelanjutan yang diterapkan pada bangunan dan tapak dengan melindungi sebanyak- banyaknya sumber daya yang ada di dalamnya.

 

Kata kunci: Creative Hub, Ekologi Arsitektur, Taman Balekambang, Surakarta.

 


Full Text:

PDF

References


Dharma, S. 2008. Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan .

Frick, Heinz. 2007. Dasar-Dasar Arsitektur Ekologis. Yogyakarta: Kanisius.

Metallinou, V.A. 2006. "Ecological Propriety and Architecture." WIT Transactions on The Built Environment, ISSN 1743-3509, Vol 86 Halaman 15-22.

Ryandika Wira Aldyno, Made Suastika, Edi Pramono Singg. Januari 2019. "PENERAPAN ARSITEKTUR EKOLOGIS PADA FASILITAS PENGEMBANGAN BATU MULIA DI PURBALINGGA." Jurnal

Senthong, Vol. 2, No.1 Halaman 11-20.

Sukawi, Widigdo. 18 Desember 2008. . Ekologi Arsitektur: Menuju Perancangan Arsitektur Hemat Energi dan Berkelanjutan 1. Surakarta : Simposium Nasional RAPI VII .

Utami, Amalia Dian, Sri Yuliani, and Ummul Mustaqimah. Oktober 2017. "Penerapan Arsitektur Ekologis Pada Strategi Perancangan Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Di Sleman." Jurnal Arsitektura, Vol. 15, No.2 Halaman 341.

Yeang, K. 1999. The Green Skyscraper: The Basic for Designing Sustainable Intensve Buildings. United Kingdom: Prestel.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.