PENGAPLIKASIAN PRINSIP ARSITEKTUR KONTEMPORER PADA PUSAT REKREASI KAWASAN PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU

Khairul Mukhallid, Anita Dianingrum, Hardiyati Hardiyati

Abstract


Pertumbuhan penduduk di kota Bengkulu yang mencapai 2,1 % pertahun terbilang pesat dan mempengaruhi tingkat kejenuhan masyarakat sehingga berakibat terhadap kebutuhan sarana yang mewadahi kegiatan seperti pariwisata, olahraga, bermain, dan hobi untuk melepaskan kejenuhan aktivitas sehari-hari yaitu pusat rekreasI. Di Kawasan Pantai Panjang kota Bengkulu terdapat potensi pariwisata yang memerlukan perkembangan fasilitas pendukung seperti tempat berkumpul, berolahraga, dan berekreasi. Prinsip arsitektur kontemporer diterapkan sebagai teori perancangan Pusat Rekreasi Kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu yang memungkinkan tercipta sebuah desain bangunan yang variatif, bersifat masa kini, fleksibel dan inovatif, serta menampilkan gaya yang lebih baru sehingga diharapkan memiliki daya tarik, bersifat rekreatif, dan aman dan tetap mendukung eksisting pariwisata Pantai Panjang yang menuntut rancangan memiliki daya tarik kelokalan. Metode penelitian yang digunakan melalui pengumpulan data, identifikasi persoalan perancangan, studi literatur dan preseden, dan perumusan kriteria desain dengan menerapkan tujuh prinsip arsitektur kontemporer. Penerapan tujuh prinsip arsitektur kontemporer diwujudkan pada perencanaan dan perancangan pusat rekreasi Kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu melalui pengolahan tapak, penataan ruang dan massa, bentuk dan tampilan bangunan, struktur konstruksi dan material bangunan, serta sistem jaringan utilitas.

 

Kata kunci: pusat rekreasi, pariwisata, arsitektur kontemporer


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2021. “Provinsi Bengkulu dalam Angka”. Bengkulu: BPS Provinsi Bengkulu.

Cambridge Dictionary. 2022. “Meaning of Recreation Center In English”. Cambridge: Cambridge University Press.

Hilberseimer, L. 1964. “Contemporary architecture: its roots and trends”. Chicago: Chicago, P. Theobald.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2022. “Definisi Rekreasi”. Jakarta: Kemendikbud.

Neufert, Ernst. 1996. Data Arsitek Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Neufert, Ernst. 2002. Data Arsitek Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Pemerintah Provinsi Bengkulu. 2020. Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016. Bengkulu: Gubernur Bengkulu Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Bengkulu Tahun 2016-2021.

Ramsay, Hayden. 2005. “Reclaiming leisure: art, sport and philosophy”. United Kingdom: Palgrave Macmillan.

Schirmbeck, E. 1988. “Gagasan, Bentuk dan Arsitektur : Prinsip-Prinsip Perancangan dalam Arsitektur Kontemporer”. Bandung: Intermatra.

Yuliasari. 2020. “Penerapan Konsep Arsitektur Kontemporer Pada Art 1 : New Museum And Art Space”. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.