PENERAPAN PRINSIP ARSITEKTUR EKOLOGIS PADA WISATA GLAMPING PEMANDIAN AIR PANAS DI KABUPATEN MAGELANG

Erica Wandha Monica, Anita Dianingrum, Hardiyati Hardiyati

Abstract


Wisata glamping merupakan jenis akomodasi penginapan yang mengusung konsep berkemah dengan cara yang lebih modern dan menonjolkan suasana alam yang masih asri. Kabupaten Magelang dinobatkan sebagai wilayah prioritas pengembangan wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2019. Salah satu potensi alam yang dimiliki adalah wisata pemandian air panas yang baru saja ditemukan tahun 2020 di Banyu Roso, Tempuran, Kabupaten Magelang. Sumber mata air panas ini dikelola oleh masyarakat setempat sebagai pemandian air panas. Eksistensinya semakin diketahui oleh masyarakat luas dari berbagai daerah. Maka diperlukannya pengembangan kawasan seperti akomodasi penginapan yang dapat menunjang wisata air panas ini. Penelitian ini ditujukan untuk pengembangan kawasan wisata pemandian air panas ini dengan mengusung tema wisata glamping dan outbond dengan menerapkan prinsip-prinsip arsitektur ekologis di Kabupaten Magelang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan tahapan eksplorasi ide dan data yang didapatkan dari survey, studi preseden, serta studi literatur, kemudian ke tahap analisis data dan menghasilkan konsep desain. Pendekatan arsitektur ekologis digunakan sebagai dasar acuan arsitektural yang selaras dengan prinsip wisata glamping yang tetap memperhatikan lingkungan alam. Hasil akhir dari penelitian ini adalah konsep desain dalam perancangan wisata glamping pemandian air panas di Kabupaten Magelang dengan prinsip ekologi arsitektur.

 

 

Kata kunci: Glamping, Air Panas, Kabupaten Magelang, Arsitektur Ekologis 

Full Text:

PDF

References


Artiningsih, Ni Komang Ayu. (2008). “Pemanfaatan Bambu pada Konstruksi Bangunan Berdampak Positif bagi Lingkungan”. https://magelangkab.go.id/images/dokumen/pertambangan.pdf, diakses pada 18 November 2021 pukul 02.38 WIB.

B, Handoko E. (2015). “Peningkatan Durabilitas Bambu sebagai Komponen Konstruksi melalui Desain Bangunan dan Preservasi Material” dalam Hibah Penelitian Mono Disiplin. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Khatolik Parahyangan.

Monita, Hasna. 2019. “Pengalaman Wisatawan di Maribaya Glamping Tent, Kabupaten Bandung Barat” dalam Skripsi Program Studi Destinasi Pariwisata Jurusan Kepariwisataan. Bandung : Sekolah Tinggi Pariwisata.

Muslim, Abdul Azis. 2018. “Konsep Arsitektur Ekologi pada Penataan Kawasan Wisata Candi Cangkuang di Garut, Jawa Barat” dalam Jurnal Arsitektur Purwarupa volume 2 No 2 September 2018: 57-70. Jakarta : Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Putro, Syaid Adi, dkk. 2018. “Penerapan Konsep Arsitektur Ekologi pada Perancangan Kawasan Wisata Air Danau Sunter di Jakarta” dalam Jurnal Arsitektur Purwarupa volume 2 No 2 September 2018. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Sakti, Maria Kinanthi. 2019. “Penerapan Prinsip Arsitektur Ekologis pada Pengembangan Agrowisata Teh Kemuning di Karanganyar” dalam Jurnal Senthong 2019. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Suhada, Irfan Andi. 2018. “Penerapan Prinsip Eko Arsitektur Studi Kasus Perencanaan Kawasan Wisata Ponggok Ciblon” dalam Laporan Akhir Seminar Desain Arsitektur Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Sulthan, Zeta Khwarizmi. 2019. “Penerapan Prinsip-Prinsip Arsitektur Ekologis pada Desain Sekolah Alam di Kota Bogor” dalam Jurnal Senthong 2019. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Thehighlandparkresortbogor. 2020. “The Highland Park Resort Bogor”, https://thehighlandparkresortbogor.com, diakses pada 18 November 2021 pukul 04.30 WIB.

Utami, Ni Kadek Yuni. 2020. “Glamping sebagai sebuah Perspektif Baru dalam Akomodasi Berkemah” dalam Jurnal Arsitektur Zonasi Volume 3 Nomor 3- Oktober 2020. Denpasar: Institut Desain dan Bisnis Bali.

Kemdikbud. 2023. “Yuk, Mengenal 5 Jenis Sampah”, https://ditsmp.kemdikbud.go.id/yuk-mengenal-5-jenis-sampah/, diakses pada 24 Februari 2023pukul 17.54WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.