SOLUSI WISATA PASCA PANDEMI DENGAN KONSEP WELLNESS ARCHITECTURE PADA RESORT DI TAWANGMANGU

Dimas Nur Hasanto, Musyawaroh Musyawaroh, Tri Joko Daryanto

Abstract


Fenomena pandemi COVID-19 yang melanda sangat memengaruhi psikologis masyarakat yang perlu diatasi dengan coping stress. Begitu pula industri pariwisata yang menurun selama pandemi sehingga dibutuhkan fasilitas berkonsep wellness yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan industri wisata yang berubah pasca pandemi COVID-19. Pendekatan Wellness Architeture dipilih karena mampu menawarkan peluang pemulihan kesehatan holistik melalui akomodasi resort serta mampu menawarkan solusi multi-sektoral. Tawangmangu terpilih karena memiliki potensi sebagai destinasi Wellness & Herbal Tourism dengan bentang alamnya yang asri dan subur. Dalam implementasi ke dalam resort, diperlukan data melalui studi literatur dan observasi lapangan. Data tersebut kemudian dikaji dan dianalisis sehingga ditemukan hasil dan dapat disimpulkan bahwa terdapat 4 strategi dari konsep tersebut, yaitu Strategi Mind melalui pemilihan material dan vegetasi yang mampu memengaruhi indera pengguna dalam proses pemulihan, Strategi Light melalui penataan bukaan yang dapat mengoptimasi cahaya alami dan akses terhadap view untuk merangsang kesehatan visual, Strategi Movement & Community dengan pemanfaatan kontur tapak sebagai fasilitas yang mampu mendorong kesehatan fisik, serta Strategi Thermal & Air dengan memanfaatkan ventilasi dan vegetasi yang dapat mengoptimalkan kenyamanan thermal dalam ruang sehingga dapat memengaruhi psikis dan suasana hati pengguna.


Full Text:

PDF

References


Aini, N.N. , Daryanto, T.J., dan Musyawaroh. (2022). Strategi Desain Perpustakaan Umum Tegalrejo Magelang melalui Restorative Environment Design Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca. Jurnal Senthong, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret, Vol. 5, No. 2, 2022, Hlm. 238-245.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Karanganyar. (2021). Kecamatan Tawangmangu dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik, Kabupaten Karanganyar.

Biggs, A., Brough, P., & Drummond, S. (2017). Lazarus and Folkman's Psychological Stress and Coping Theory. The Handbook of Stress and Health : A Guide to Research and Practice, 351-364.

DSResearch, & FITCO. (2019). Pemahaman Pasar Wellness di Jakarta. Daily Social Research, Jakarta.

IAP. (2017). Indonesia Most Livable City Index 2017. lkatan Ahli Perencanaan Indonesia, Jakarta Pusat.

IWBI. (2020). WELL V2: The Next Version of The Well Building Standard. International WELL Building Institute.

Kemenparekraf. (2021). Tren Pariwisata 2021. Kemenparekraf.

Myers, J. E., Sweeney, T. J., & Witmer, J. M. (2000). The wheel of wellness counseling for wellness: A holistic model for treatment planning. Journal of counseling & development, 78(3), 251-266.

PDSKJI. (2022). Masalah Psikologis 2 Tahun Pandemi COVID-19 di Indonesia. Jakarta

Petermans, A., & Cain, R. (Eds.). (2019). Design for wellbeing: An applied approach. Routledge.

Riestyaningrum, F., Ferdaos, E., & Bayramov, B. (2020). Customer behavior impact on international tourist's travel intention due to Covid-19. Journal of Sustainable Tourism and Entrepreneurship, 1(3), 231-243.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.