ASPEK HEALING ENVIRONMENT MELALUI INDRA MANUSIA PADA DESAIN RUMAH SAKIT JIWA DI KULON PROGO

Raden Rara Khaniya Haya Faiza, Ahmad Farkhan, Agung Kumoro Wahyuwibowo

Abstract


Masalah kesehatan Jiwa di Indonesia kian meningkat seletah adanya pandemic Covid-19, pada saat ini prevalensi orang yang memiliki masalah kejiwaan baik ODMK ataupun ODGJ sekitar 20% dari populasi di Indonesia. Namun, fasilitas kesehatan jiwa di Indonesia khususnya pada fasilitas kesehatan yang menyediakan tempat tidur rawat inap kesehatan jiwa masih kurang dan belum merata ke seluruh Indonesia. Selain itu karena lingkungan memiliki peran penting dalam kesembuhan maka, dibutuhkan lingkungan kesehatan jiwa yang mampu mendukung kesembuhan psikologis baik untuk pasien maupun pengguna lainnya. Artikel ini membahas usulan desain fasilitas kesehatan jiwa yang menyediakan rawat inap kesehatan jiwa dan memiliki lingkungan yang mendukung bagi kesehatan penggunanya secara psikologis. Metode desain yang dipakai adalah deskriptif-kualitatif yang diawali dengan identifikasi isu kemudian pengumpulan data terkait isu yang diangkat, selanjutnya adalah analisis data, dan perumusan konsep. Hasil terakhir berupa penerapan konsep healing environment melalui indra manusia pada Rumah Sakit Jiwa di Kulon Progo.

 

 

Kata kunci: masalah kesehatan jiwa,  rumah sakit jiwa, healing environment, indra manusia.


Full Text:

PDF

References


Algenesia, A. S., Cardiah, T., & Arief Hapsoro, N. (2021). Perancangan Baru Interior Pusat Kegiatan Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera di Lampung.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2019). Laporan Riset Fasilitas Kesehatan Puskesmas.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2019). Laporan Riset Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit.

Barus, N. S., & Siregar, D. (2020). Literature Review: the Effectiveness of Classic Music Therapy Towards Auditory Hallucination in Schizophrenia Patient [Kajian Literatur: Efektivitas Terapi Musik Klasik Terhadap Halusinasi Pendengaran Pada Pasien Skizofernia]. Nursing Current Jurnal Keperawatan.

Hafidz, I. Y. N., & Nugrahaini, F. T. (2020). Konsep Healing Environment untuk Mendukung Proses Penyembuhan Pasien Rumah Sakit. Sinektika: Jurnal Arsitektur.

Hartati, A., & Sutanto, A. (2019). Pengalaman Ruang Melalui Lima Indera. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa).

Idaiani, S., & Riyadi, E. I. (2018). Sistem Kesehatan Jiwa di Indonesia: Tantangan untuk Memenuhi Kebutuhan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan.

Knetch, Michael. L. (2010). Optimal healing environments.

Lidayana, V., Alhamdani, M. R., & Pebriano, V. (2013). Konsep dan Aplikasi Healing Environment dalam Fasilitas Rumah Sakit. Jurnal Teknik Sipil Untan.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 24 Tahun 2016 tentang Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit.

PDSKJI (2022). Masalah Psikologis 2 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia.

Prasetya, R. D. (2007). Pengaruh Komposisi Warna Pada Ruang Kerja Terhadap Stres Kerja. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. (2019). Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia. In InfoDATIN .

Rifayanti, R., Adiesia, K. P., Rismelina, D., Tazkiyah, A. Y., & Nurlita, N. (2016). Filosofi Dan Manfaat Batimung dan Aromaterapi Untuk Mengurangi Stres. Psikostudia: Jurnal Psikologi.

Salingaros, N. A. (2015). Biophilia and Healing Environments: Healthy Principles For Designing the Built World.

Ulrich, R. S. (2002). Health Benefits of Gardens in Hospitals.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.