PENYELARASAN DESAIN ARSITEKTUR JAWA DALAM RENCANA PENGEMBANGAN WISATA KAMPUNG WAYANG DESA KEPUHSARI, WONOGIRI

Destiani Nursabrina, Made Suastika, Ofita Purwani

Abstract


Kampung Wayang Kepuhsari merupakan salah satu rintisan desa wisata di Kabupaten Wonogiri yang terkenal dengan kerajinan tatah sungging wayang kulit. Kampung ini telah menjadi kawasan wisata sejak tahun 2011 dengan daya tarik utama wisata budaya dan wisata edukasi. Desa Kepuhsari belum memiliki sarana prasarana dan fasilitas wisata yang baik sehingga dibutuhkan upaya pengembangan wisata melalui perencanaan dan perancangan kawasan wisata. Upaya perancangan obyek wisata perlu menerapkan identitas budaya setempat yaitu Arsitektur Tradisional Jawa. Penerapan karakter Arsitektur Jawa harus selaras sesuai dengan suasana dan kondisi bangunan yang telah ada di Kampung Wayang. Penelitian ini dibutuhkan untuk mengetahui penerapan Arsitektur Jawa yang dapat diaplikasikan pada objek rancang bangun sehingga dapat mendesain bangunan sesuai potensi. Penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data, pemetaan, dan melakukan analisis dengan metode pendekatan desain Arsitektur Kontekstual. Hasil dari penelitian menunjukkan beberapa komponen dapat disesuaikan yaitu gubahan massa, komposisi, wujud lingkungan, warna, tekstur, bentuk, gaya, detail, ragam hias, dan suasana bangunan.

 

Kata kunci: Kampung Wayang, Wisata Budaya, Arsitektur Jawa Kontekstual


Full Text:

PDF

References


Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Wonogiri. (2017). Surat Keputusan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Wonogiri No.143 Tahun 2017 tentang Pengukuhan Dea Wisata Kabupaten Wonogiri.

Herliana, E. T. (2013). Menciptakan Kesinambungan Visual antara Bangunan Lama dan Baru secara Kontekstual di dalam Lingkungan Gereja Katedral Bogor. Seminar Nasional SCAN#4:2013 “Stone, Steel, and Straw” Building Materials and Sustainable Environment, II.155-II.170.

Rahayuningtyas, N. (2017). Penerapan Arsitektur Kontekstual Dalam Perancangan Kawasan Wisata Budaya Samin Di Blora. Arsitektura, 15(2), 378. https://doi.org/10.20961/arst.v15i2.15406

Suranny, L. E. (2018). Pengembangan Wisata Di Kampung Wayang Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri Berbasis Analisis SWOT. Jurnal Litbang Sukowati, 1(2), 34–48. https://journal.sragenkab.go.id/index.php/sukowati/article/view/18

Wibowo, H. J., Murniatmo, G., & Dh., S. (1998). Arsitektur Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta (S. Dakung (ed.); Edisi II). cv.Pialamas Permai.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.