PENERAPAN ARSITEKTUR EKOWISATA PADA DESAIN RESORT DI ZONA PEMANFAATAN KAWASAN BENGAWAN SOLO PURBA, KECAMATAN PRACIMANTORO, WONOGIRI

Asyfa Salsabil, Wiwik Setyaningsih, Ana Hardiana

Abstract


Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri memiliki banyak potensi wisata alam dan budaya yang belum termanfaatkan secara maksimal. Pengembangan Kawasan Bengawan Solo Purba menjadi resort merupakan pilihan terbaik untuk mewujudkan ekowisata yang mengutamakan kelestarian lingkungan dan budaya sekaligus menjawab kebutuhan wisatawan. Pendekatan ini menggabungkan kelestarian lingkungan ke dalam desain kawasan. Penataan lokasi wisata didasarkan pada pelestarian lingkungan, pembangunan berkelanjutan, nilai sosial budaya masyarakat, dan peningkatan nilai ekonomi masyarakat sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dan kuantitatif berdasarkan data dari berbagai sumber. Temuan penelitian ini merupakan rekomendasi penerapan arsitektur ekowisata pada desain resort di zona pemanfaatan Kawasan Bengawan Solo Purba di Kecamatan Pracimantoro Wonogiri.

 

Kata kunci: Arsitektur Ekowisata, Resort, Pracimantoro.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Wonogiri. (2019). Kecamatan Pracimantoro Dalam Angka 2019. https://wonogirikab.bps.go.id

Bps.go.id. 2019. “Bps.Go.Id.” Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional Desember 2019 (13): 1–16. https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/02/03/1711/jumlah-kunjungan- wisman-ke-indonesia-desember-2019-mencapai-1-38-juta-kunjungan-.html#:~:text=Selama tahun 2019%2C jumlah kunjungan,berjumlah 15%2C81 juta kunjungan.

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dan WWF-Indonesia, 2009. Prinsip dan Kriteria Ekowisata Berbasis Masyarakat. Jakarta.

Page, Stephen dan Ross K. Dowling . 2002 . “Ecotourism”, London: Licensing Agency Ltd.

Suwena, I Ketut & Widyatmaja, I Gst Ngr. 2010. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Udayana University Press.

Tjahyono, Subur, ed. 2008. Ekspedisi Bengawan Solo, Jakarta: PT. Kompas Media Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.