MARKAS KEDUTAAN BESAR BEKASI SEBAGAI RUANG KREATIF DI KOTA BEKASI

Mega Pratiwi, Kahar Sunoko, Leny Pramesti

Abstract


Komunitas kreatif didirikan dan diberi nama Kedutaan Besar Bekasi sebagai forum tempat berkumpulnya pelaku kreatif di Kota Bekasi. Pelaku kegiatan komunitas kreatif meliputi penggiat desain, komik, fotografi, film, musik, hingga teater; baik perorangan maupun komunitas. Fenomena di atas menuntut keberadaan ruang kreatif yang representatif sebagai sarana berkreasi dan wadah pertumbuhan komunitas kreatif. Studi ini dilakukan dengan pendekatan 5 kualitas spasial yang harus dimiliki agar dapat memfasilitasi kegiatan spesifik yang diwadahi ruang kreatif, yaitu: Knowledge Processor, Indicator of Culture, Process Enabler, Social Dimension, dan Source of Stimulation. Hasil dari studi di atas adalah dihasilkannya ruang-ruang pada bangunan yang disusun berdasarkan spesifikasi kegiatan, pelaku, hubungan antar fungsi ruang, spesifikasi dan persyaratan ruang, serta hubungan jenis ruang dengan kualitas spasial.

 

Kata kunci: ruang kreatif; ruang komunitas; ekonomi kreatif; Kota Bekasi


 


Full Text:

PDF

References


Badan Ekonomi Kreatif (2018). KaTa Kreatif; Langkah Jejaring kabupaten/Kota Kreatif Indonesia. Jakarta: BEKRAF.

Badan Ekonomi Kreatif (2018). Opus Creative Economy Outlook 2019. Jakarta: BEKRAF.

Badan Pusat Statistik Kota Bekasi (2018). Kota Bekasi dalam Angka. Bekasi: BPS Kota Bekasi.

Devoy, J. & Pratt, A. C. (2016). The Creative Hubs Report: 2016 - Creative Hubs: Understanding the New Economy. London: British Council.

Lloyd, P. (2009). Creative Space. Kentucky: Peter Llyod Inc Low, L. (2017). Connecting Creative Communities. London: British Council.

Pratiwi, Mega (2023). Markas Kedutaan Besar Bekasi sebagai Ruang Kreatif di Kota Bekasi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Siregar, F. & Sudrajat, D. (2017). Enabling Spaces: Mapping Creative Hubs in Indonesia. Jakarta: Centre for Innovation Policy and Governance Indonesia Sustainability Centre.

Thoring, K., Muller, R. M., Desmet, P. & Badke-Schaub, P. (2018). Design Principles for Creative Space. Dessau: International Design Conference.

Thoring, K. (2019). Designing Creative Space: A Systemic View on Workspace Design and its Impact on the Creative Process. Delf: Delf University of Technology.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.