ARSITEKTUR INDISCHE PADA TERMINAL PENUMPANG DI PELABUHAN SUNDA KELAPA

Devika Maheswari, Ahmad Farkhan, Agung Kumoro Wahyuwibowo

Abstract


Pemerintah telah merencanakan pemindahan fasilitas terminal penumpang dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan Sunda Kelapa sendiri memiliki kesejarahan panjang yang tidak terlepaskan dari wilayah Jakarta sehingga mampu memberikan daya tarik baik bagi wisatawan lokal maupun asing. Oleh karena itu, perlu didirikan terminal penumpang di Pelabuhan Sunda Kelapa yang mampu mengakomodasi kebutuhan penumpang kapal serta menjadi sarana pendukung Pelabuhan Sunda Kelapa sebagai heritage port. Pendekatan Indische diterapkan untuk membangkitkan ciri arsitektur di daerah sekitar pelabuhan yang berkembang pada masa Hindia-Belanda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan prinsip-prinsip arsitektur Indische yang dapat diterapkan pada desain bangunan.

 

 

Kata kunci: Arsitektur Indische, Terminal Penumpang, Pelabuhan Sunda Kelapa


Full Text:

PDF

References


Jencks, Charles. (1985). Modern Movements In Architecture. PinguinnBooks : Australia.

Jessup, H. (1985). Dutch Architectural Visions of the Indonesian Tradition. Muqarnas, 138-161.

Kusno, A. (2014). Behind The Postcolonial: Architecture, Urban Space and Political Cultures in Indonesia. Routledge.

Lie, T. (2021). Kajian Arsitektur Kontekstual pada Sumbu, Simetri, dan Hirarki Bangunan Aula Barat ITB. ENVIROTEK: Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 13(1), 88- 95.

Lukito, Y. N. (2015). Exhibiting Modernity and Indonesian Vernacular Architecture: Hybrid Architecture at Pasar Gambir of Batavia, the 1931 Paris international Colonial Exhibition and Taman Mini Indonesia Indah. Springer.

Nas, P. (Ed.). (2007). The Past in The Present: Architecture in Indonesia. KITLV Press: Leiden.

Verma, G. (2017). Kajian Pemikiran Akulturasi Henry Maclaine Pont Pada Elemen Desain Interior Aula Timur Dan Aula Barat ITB. In Seminar Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia, C129–36. Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia. https://doi. org/10.32315/sem (Vol. 1, p. c129).

Sumalyo, Y. (2021). Arsitektur Hindia Belanda. RAW Press.

Sutrisno, R. (1984). Bentuk Struktur Bangunan dalam Arsitektur Modern. Gramedia: Jakarta.

Swadarma, D., & Aryanto, Y. (2013). Rumah Etnik Betawi. Griya Kreasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.