KAJIAN PENGEMBANGAN KALI NGALANG SEBAGAI KAWASAN GEOHERITAGE BERBASIS ARSITEKTUR BERKELANJUTAN

Muhammad Arief Kurniawan, Widi Cahya Yudhanta

Abstract


Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul yang memiliki potensi dalam menarik wisatawan adalah Geosite Kali Ngalang sebagai bagian dari gb UNESCO Gunung Sewu (GGUGS) yang berada di Kelurahan Ngalang, Kapanewon Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Kali Ngalang merupakan destinasi yang dapat dijadikan pembelajaran ilmiah/pendidikan ilmiah, berpotensi sebagai destinasi wisata minat khusus/wisata pendidikan. Situs Geosite Kali Ngalang merupakan peninggalan pada masa akhir gunung berapi setelah terjadinya rangkaian erupsi super sekitar 2-16 juta tahun yang lalu yang berupa fosil cacing purba.  Permasalahan yang timbul di lokasi adalah belum maksimalnya pengembangan kawasan Kali Ngalang sebagai kawasan wisata Geoheritage . Hal ini tampak pada Penataan kawasan yang belum maksimal dan kelengkapan fasilitas infrastruktur yang masih belum lengkap. Pengembangan kawasan kali ngalang sebagai kawasan geoheritage dengan pendekatan arsitektur berkelanjutan akan menciptakan sebuah kawasan yang mempunyai nilai yang lebih dan holistic dalam perkembanganya dan tetap memertahankan nilai- nilai yang ada pada kawasan. pengelolan sumberdaya manusia, material, energi, identitas, kontekstual, penguatan ekonomi serta komunitas secara konfrehensif dan holistic akan memberi dampak yang baik bagi kawasan secara berkelanjutan.

 

Kata kunci: Geoheritage, Berkelajutan, Geosite, Kali Ngalang


Full Text:

PDF

References


Ardiani, Yanita Mila. 2015. Sustainable Architecture = Arsitektur Berkelanjutan. 2015th ed. edited by Ade M. Drajat. Jakarta: Erlangga.

Crouch, Geoffrey I. 2007. Modelling Destination Competitiveness : A Survey and Analysis of the Impact of Competitiveness Attributes.

Peraturan Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral. 2020. “Pedoman Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage)Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage).”

Pitts, Adrian. 2004. Planning and Design Strategies for Sustainability and Profit: Pragmatic Sustainable Design on Building and Urban Scales. Oxford: Architectural Press.

Steele, James. 1997. Sustainable Architecture: Principles, Paradigms, and Case Studies. 8th ed. Atlanta, US: McGraw-Hill.

Victor Middleton, Alan Fyall, Mike Morgan, Ashok Ranchhod. 2009. Marketing in Travel and Tourism. 2009th ed. Slovenia: Butterworth-Heinemann.

world commission on environtment and development. 1987. Our Common Future. New York: Oxford University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.