PENERAPAN ASPEK GREEN BUILDING PADA DESAIN SUB TERMINAL DAN PUSAT KOMERSIAL DI KOTA BEKASI

Durra Irbah, Agung Kumoro Wahyuwibowo, Ahmad Farkhan

Abstract


Kota Bekasi memiliki jumlah penduduk dan tingkat perjalanan komuter yang tinggi mengakibatkan tingginya tingkat kemacetan di beberapa titik kota. Tingginya tingkat perjalanan tidak sebanding dengan prasarana transportasi publik yang memadai. Salah satu fenomena kemacetan yang sering terjadi berada di Stasiun Bekasi. Kemacetan disebabkan kinerja ruas jalan yang terhambat oleh angkutan kota dan taksi/ojek daring yang berhenti dan menunggu penumpang di badan jalan. Perlunya pengembangan sistem transportasi berdasarkan isu yang ada dengan membuat wadah pemberhentian khusus bagi angkutan umum berupa sub terminal. Melihat peluang ekonomi kota Bekasi yang besar, penyediaan fasilitas mixed-use berupa perkantoran dan retail dapat memicu kegiatan ekonomi yang lebih aktif. Pembangunan demi memperbaiki infrastruktur kota nyatanya memberi dampak buruk bagi lingkungan seperti perubahan iklim. Sebagai salah satu cara efektif dalam mengatasi permasalahan lingkungan kota yang disebabkan oleh bangunan yaitu dengan menerapkan konsep green building. Metode pada proses perancangan desain ini adalah metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahap identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis desain serta penyusunan konsep. Hasil dari proses perancangan berupa strategi penerapan dari persyaratan kategori green building pada bangunan mixed-use Sub Terminal dan Pusat Komersial di Kota Bekasi pada konsep perencanaan tapak, konsep bentuk dan tampilan, konsep peruangan, konsep struktur dan material, serta konsep utilitas bangunan.

 

Kata kunci: sub terminal, green building, mixed-use, Kota Bekasi


Full Text:

PDF

References


Arafat, S., & Syamsiyah, N. R. (2013). Performansi Greenship Building Pada Rumah Turi Di Surakarta (Penekanan Pada Water Concervation Dan Material Resource and Cycle). Sinektika, 13(1), 11–18.

Badan Pusat Statistik Kota Bekasi. (2021). Kota Bekasi Dalam Angka 2021.

Badan Pusat Statistik Kota Bekasi. (2022). Statistik Daerah Kota Bekasi 2022.

Bappeda Kota Bekasi. (2019). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Bekasi 2018 - 2023.

Budiyanto, C., Hermawan, I. M. A., & Sudriyanto, E. (2021). Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Stasiun Bekasi, Kota Bekasi. Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

Dinas Tata Ruang Kota Bekasi. (2011). Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bekasi Tahun 2011-2031.

Green Building Council Indonesia. (2013). Greenship Rating Tools Untuk Bangunan Baru Versi 1.2: Ringkasan Kriteria Dan Tolok Ukur.

Indonesia, K. P. (2021). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor Pm 24 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Indonesia, K. P. U. dan P. R. (2021). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Penilaian Kinerja Bangunan Gedung Hijau.

Istia, P. T., Maelissa, N., & Titaley, H. (2018). Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Jasa Terminal Angkutan Umum Mardika Ambon. Jurnal Simetrik, 8(1), 84–92.

Schwanke, D., & ULI. (2003). Mixed-Use Development Handbook (2nd ed.). ULI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.