TINJAUAN KOMPREHENSIF PENGEMBANGAN PARIWISATA DAN INDUSTRI KAIN GOYOR DI DESA WIRUN

Ummul Mustaqimah, Tri Joko Daryanto, Untung Joko Cahyono, Musyawaroh Musyyawaroh

Abstract


Permasalahan utama yang diangkat adalah keberlanjutan lingkungan, yang sangat penting untuk menerapkan praktik-produksi yang ramah lingkungan dan pengelolaan limbah yang baik. Selain itu, pemasaran dan promosi juga menjadi perhatian penting untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik industri kain Goyor serta destinasi pariwisata Desa Wirun. Selanjutnya, pengembangan ekonomi sosial menjadi aspek krusial untuk memastikan pemberdayaan masyarakat lokal dan pembagian manfaat yang adil dari pengembangan pariwisata dan industri kain goyor. Penelitian ini menggunakan analisis teori SWOT dalam menganalisis strategi yang digunakan untuk mengembangkan pariwisata dan industri kain goyor di Desa Wirun. Melalui implementasi rencana tindakan dan strategi yang disusun dengan baik, Desa Wirun dapat memanfaatkan potensi industri kain goyor dan pariwisata secara berkelanjutan. Partisipasi aktif masyarakat lokal, praktik-produksi hijau, promosi yang efektif, serta pengembangan model ekonomi sosial akan menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan tersebut. Sistem manajemen komprehensif dapat dijadikan panduan untuk pengembangan pariwisata dan industri kain goyor. Dengan demikian, pengembangan ini tidak hanya akan memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga akan menjaga keunikan budaya lokal, mempertahankan keindahan lingkungan, dan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan di Desa Wirun.

 

 

Kata kunci: pariwisata, kain goyor, keberlanjutan lingkungan, manajemen komprehensif


Full Text:

PDF

References


Delita, F. and Sidauruk, T. (2012) ‘Analisis Swot Untuk Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pemandian Mual Mata Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun’, Jurnal Gepgrafi, pp. 42–43. Available at: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/geo.

Iskandar, K.W. (2018) Pengembangan Kampung Kenteng Sukoharjo sebagai Kampung Wisata dan Pusat Edukasi Seni Kriya Tenun Ikat Tradisional, Publikasi Ilmiah Sarjana Arsitektur UMS.

Pemkab Sukoharjo, B. (2022) Kabupaten Sukoharjo dalam Angka 2022, Laporan.

Prakasa, Y.W. and Sutejo, A. (2016) ‘Environmental Graphic Design Desa Wisata Wirun Kabupaten Sukoharjo Solo Jawa Tengah’, Createvitas, 5(1), pp. 167–180. Available at: https://www.academia.edu/27587040/ENVIRONMENTAL_GRAPHIC_DESIGN_DESA_WISATA_WIRUN_KABUPATEN_SUKOHARJO_SOLO_JAWA_TENGAH.

Pramitha, G.D., Wulantari, A.S. and Widiartha, K. (2022) ‘Pelatihan Manajemen Komprehensif Usaha Kuliner Komunitas Food Truck Bali’, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(3), pp. 563–569. Available at: https://doi.org/10.30653/002.202273.75.

Ramayanti, P.N. (2022) ‘Manajemen strategi sebagai pengembangan pariwisata pada objek wisata ciung wanara, ciamis jawa barat’, Jurnal STIE Ganesha (Ekonomi & Bisnis), 2(2), pp. 37–44.

Sulthoni, Y.R., Setiaaningsih, E.L. and Lituhayu, D. (2022) ‘Manajemen Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen di Era Covid-19’, Journal Of Public Policy And Management Review, 11(3), pp. 1–17.

Suta Tanaya, I.W., Yulendra, L. and Kartini, N.L. (2022) ‘Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata Home Industri Tahu Tempe di Kekalik - Kota Mataram’, Journal Of Responsible Tourism, 2(2), pp. 281–294. Available at: https://doi.org/10.47492/jrt.v2i2.2161.

Yanto, F. et al. (2021) ‘Strategi Manajemen Perubahan dan Putar Haluan Sebagai Benteng Pertahanan Bisnis Pariwisata di Masa Pandemi’, in Prosiding National Seminar on Accounting and Economics, pp. 44–56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.