EVALUASI PURNA HUNI PASAR SUKATANI DI KABUPATEN BEKASI

Trevi Marisa, Titis Srimuda Pitana, Pratiwi Anjar Sari

Abstract


Pasar rakyat memiliki peran yang penting dalam perputaran ekonomi masyarakat menengah ke bawah, sehingga pemerintah melakukan sejumlah langkah untuk mempertahankan daya saing dan eksistensi pasar rakyat. Namun faktanya masih banyak pasar rakyat yang belum memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), salah satunya adalah Pasar Sukatani, Kabupaten Bekasi. Fenomena ini dipengaruhi oleh hubungan antara pengguna dan kondisi fisik pasar yang tidak dapat memenuhi kebutuhan pengguna, sehingga terjadi penurunan performa bangunan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan performa bangunan maka dibutuhkan upaya evaluasi yang meninjau segala aspek dalam bangunan yaitu Evaluasi Purna Huni (EPH). Kondisi ruang yang belum memenuhi SNI serta tampilan bangunan yang tidak menunjukkan identitas pasar rakyat merupakan permasalahan yang ada pada Pasar Sukatani. Oleh karena itu, dibutuhkan peninjauan bangunan dengan proses EPH dari aspek fungsional, teknis, dan perilaku yang mengacu pada kriteria bangunan pasar ber-SNI. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif berupa penilaian EPH melalui proses investigatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pengamatan lapangan. Hasil akan menunjukkan tingkat keberhasilan performa bangunan Pasar Sukatani dari aspek fungsional, teknis, dan perilaku. Hasil dari penelitian ini adalah faktor fisik dan non fisik Pasar Sukatani yang perlu dikembangkan kembali atau ditambahkan berdasarkan ketiga aspek evaluasi purna huni.

Full Text:

PDF

References


Azzam, M. (2021). Pasar Sukatani Kabupaten Bekasi Kondisi Memprihatinkan Harus Direvitalisasi. Retrieved from Wartakotalive: https://wartakota.tribunnews.com

Badan Standardisasi Nasional. (2022). Kini, 60 Pasar Rakyat Sudah Ber-SNI. Retrieved from Badan Standardisasi Nasional: https://bsn.go.id

Muftiandi, E. M. (2016). The Business Dynamic of Traditional Market Place: Demand Preferencae Approach. Jurnal AdBispreneur Vol. 1, No. 2, 113-126.

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 26. (2020). Tentang Petunjuk Operasional Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Fisik Tahun Anggaran 2020 Bidang Pasar Menu Kegiatan Revitalisasi Pasar Rakyat.

Preiser, W. F. E. (2015). Post-Occupancy Evaluation (Routledge Revivals). New York: Taylor & Francis.

SNI Pasar Nomor 61/kep/bsn/3/2021. (2021). Tentang Penetapan Standar Nasional Indonesia 8152:2021 Pasar Rakyat Sebagai Revisi dari Standar Nasional Indonesia 8152:2015 Pasar Rakyat.

The SMERU Research Institute (2007). Pasar Tradisional di Era Persaingan Global. Jakarta: SMERU Research Institute.

Wijaya, D. P. H. (2018). Evaluasi Purna Huni Alun-Alun Kota Malang. Jurnal Mahasiswa Arsitektur Vol. 6 No. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.